Pantau Flash
Menteri Edhy Bertolak ke Australia Bahas Budidaya Lobster
Arab Saudi Berhentikan Sementara Pelayanan Umrah Gara-gara Korona
'Wanita Bisa Hamil di Kolam Renang' Jadi Sorotan Media Internasional
Bayern Munchen Rilis Jersey Khusus Peringati Hari Jadi ke-120
Stadion Klabat Jadi Kandang Persipura di Liga 1 Musim 2020

Begini Cara Mudah Kenali Ciri-ciri Pembohong

Begini Cara Mudah Kenali Ciri-ciri Pembohong Ilustrasi Berbohong. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Semua orang pastinya menginginkan kejujuran, tidak ada orang yang ingin dibohongi oleh orang lain apalagi orang-orang terdekatnya sekalipun. Namun ada saja orang yang memanfaatkan kesempatan untuk berbohong demi kebaikian dirinya sendiri. Agar tidak mudah dibohongi, tidak ada salahnya jika kamu perhatikan lima tanda orang yang sedang berbohong melalui sisi psikologis berikut ini.

1. Bahasa Tubuh

Orang yang berbohong bisa ketahuan dari bahasa tubuhnya. Seringkali, mereka  akan berusaha membuat tubuh lebih kecil dengan cara membungkuk karena secara tidak sadar mereka berusaha melindungi tubuh saat berusaha menipu.

Semakin seseorang membiarkan tubuh mereka terbuka, semakin besar kemungkinannya bahwa mereka jujur, Sebaliknya, jika kamu melihat seseorang tiba-tiba melakukan perilaku untuk menenangkan diri (misalnya, menyentuh wajah, menggosok dahi) maka mungkin ia sedang berbohong.

Baca Juga: Tidur Cukup Mampu Mengurangi Resiko Terkena Demensia

2. Lihat Matanya

Menghindari kontak mata adalah salah satu tanda non verbal pertama dari orang yang berbohong.

Kontak mata adalah sesuatu yang bersifat pribadi dan intim. Jika seseorang berbohong, mereka  sering ingin melepaskan diri dan tidak mempersonalisasikan situasinya dengan tidak melakukan kontak mata langsung.

3. Perhatikan Tingkat Pergerakan

Pembohong biasanya ingin mengelabui dengan mencoba berlagak tenang didepan target.

Seringkali dia akan tetap memegang tangannya, duduk diam, berbicara perlahan, dan menjaga agar gerakan wajah seminimal mungkin.

Baca Juga: Gusi Berdarah Saat Menyikat Gigi? Awas Radang Gusi

4. Simak Omongannya

Biasanya, orang yang sedang menutupi kebohongannya cenderung berbicara dengan tidak konsisten dan selalu berubah-ubah. Untuk mengetahui apakah dia berbohong atau tidak, cobalah kamu ajukan pertanyaan yang menyangkut pribadi, karena dengan itu dia tidak akan sadar bahwa sedang kamu interogasi.

5. Lihat Perbedaan dari Biasanya

Jika orang tersebut biasanya cerewet namun tiba-tiba mendadak jadi pendiam saat dikonfrontasi, bisa jadi itu tanda dia sedang berbohong.

Perhatikan kebiasaan dia melakukan sesuatu seperti minum, makan, dan yang lain, jika mereka melakukannya dengan normal seperti biasanya, sedangkan hal tertentu tidak, bisa dipastikan ia sedang berbohong.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam