Pantau Flash
WADA Menyetujui Reformasi untuk Meningkatkan Representasi Atlet
Seorang Anggota Pemuda Pancasila Jadi Tersangka Pemukulan Perwira Polisi, Kemungkinan Bakal Ada Tersangka Tambahan
Kemenkes Perkirakan OTG dan Terkonfirmasi COVID-19 Capai 16 Juta Orang
Dinilai Berjasa Percepatan Vaksinasi Covid-19 dan Penurunan Tarif PCR, Menkes Budi Raih Penghargaan 'People Of The Year 2021'
Kominfo Imbau Waspada Hoaks COVID-19

Begini Kronologis Sel Kanker yang Kembali Menggerogoti Tubuh Ria Irawan

Begini Kronologis Sel Kanker yang Kembali Menggerogoti Tubuh Ria Irawan Mayky Wongkar dan Ria Irawan (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Ria Irawan ditemani oleh suaminya Mayky Wongkar, menggelar jumpa pers di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, pada Jumat (13/9/2019).

Baca juga: Presiden Jokowi Kirimkan Bunga dan Doakan Ria Irawan Lekas Sembuh

Dalam jumpa pers tersebut, Mayky menjelaskan jika pada 2014 lalu Ria Irawan sempat divonis kanker hingga menjalankan operasi hingga kemoterapi selama 1,5 tahun. Saat itu dokter telah menyatakan Ria Irawan bersih dari kanker.

"Ria Irawan beberapa tahun yang lalu, pada tahun 2014 menjalani operasi penebalan dinding rahim, dan dokter memvonis sel-sel A atau cancer endometrium stadium 3C. Setelah menjalankan kemoterapi dan radiasi sesuai anjuran dokter, selama 1,5 tahun istri saya bersih dari kanker," ujar Mayky saat jumpa pers.

Hanya saja pada 2017, sel kankernya kembali muncul di bagian diafragma. Ria pun kembali melakukan kemoterapi tanpa radiasi.

"Tapi tidak berselang lama, pada tahun 2017, Sel kanker itu keluar lagi di bagian diafragma, dan istri saya kembali menjalankan kemotrapi tetapi kali itu tidak disertakan radiasi. Tidak seperti yang awal. Kemo dan radiasi," paparnya.

Seiring berjalannya waktu, sel kanker semakin menjalar ke bagian kepala Ria Irawan dan menyebabkan gangguan saat berbicara disertai hilang keseimbangan.

"Terus hingga saat ini di tahun 2019 sel kanker itu terlihat kembali dari hasil MRI di bagian kepala," ungkapnya.

"Itu ada terdapat masa atau tumor di bagian kepala dan ada juga di bagian paru-paru dan massa tumor di bagian kepala itu menekan saraf otak istri saya yang mengakibatkan agak sedikit sulit berbicara, dan kehilangan keseimbangan," papar Mayky lagi.

Baca juga: Sembuh dari Kanker, Ria Irawan Kini Alami Metastase

Mayky juga mengatakan bahwa endometrium (lapisan sel rahim) yang menyebarkan sel kanker di kepala Ria bukanlah merupakan tumor yang baru.

"Jadi saya cuma menjelaskan, ini endometrium. Sel anak kanker dari endometrium yang menyebar ke bagian kepala dan paru, jadi bukan tumor yang baru. Tetep sama. Cuma ini anak endometrium yang lama," pungkasnya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - RYN

Berita Terkait: