Begini Perjuangan Duta Sheila On 7 Pulih dari Penyakit TBC

Headline
Duta Sheila On 7 (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)Duta Sheila On 7 (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)

Pantau.com – Vokalis grup musik Sheila On 7, Duta, selalu tampil enerjik ketika di atas panggung. Tapi, siapa sangka pada tahun 2011 lalu, pria berusia 38 tahun itu pernah menderita penyakit TBC dan membuat suaranya hilang.


“Ya, tahun 2011 saya kena TBC. Dikasih tahu dokter penyakit TBC memang endemik di Indonesia. Waktu itu banyak yang kena,” kata Duta ditemui di kawasan Kemang, Jakarta, Senin (29/1/2018).


Akibat sakit TBC, Duta mengaku sangat frustasi. Efek penyakit itu membuat pita suaranya rusak hingga kehilangan suaranya. Apalagi, itu terjadi ketika Sheila On 7 akan merilis album ‘Berlayar’.


“Itu termasuk momen paling drop dalam hidup saya. Pas banget terjadinya sebelum launching album ‘Berlayar’. Jadi hancur banget pokoknya,” ujar pemilik nama asli Akhdiyat Duta Modjo itu.


Duta Sheila On 7 (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)


Baca Juga: Begini Lho Gaya Hidup Sederhana Duta SO7, Papa Idaman Banget


Untungnya ada dokter yang bikin Duta kembali semangat. Dia akhirnya menjalani pengobatan rutin hingga enam bulan.


“Hati saya dibesarkan sama dokter. TBC bisa sembuh asal diobati rutin. Enam bulan rajin minum obat. Selama itu juga merasa terpencil, karena sendok, piring, gelas, harus sendiri nggak boleh dipakai sama istri dan anak,” tuturnya.


Duta juga menceritakan pengalaman manggung bersama Sheila On 7 saat dalam keadaan menderita TBC.


“Ya waktu itu suara nggak keluar sama sekali. Sebenarnya ada pilihan lipsync. Saya ngomong ke anak-anak, tapi mereka bilang tabrak aja. Toh kalau jelek kita tanggung bareng-bareng,” tutup Duta.


Baca Juga: Cerita Duta Menjajakan Sendiri Lagu-lagu Sheila On 7 ke Media

Tim Pantau
Editor
Tommy Adi Wibowo