Pantau Flash
Jokowi Benarkan 4 WNI Positif Korona di Kapal Pesiar Diamond Princess
Ada Gubernur Belum Alihkan Kewenangan Izin Investasi, Bahlil Lapor Presiden
KPK Takut Tangkap DPO Eks Sekretaris MA Nurhadi?
Rapper Pop Smoke Tewas Ditembak di Rumahnya
Lewis Hamilton Tercepat Hari Pertama Uji Coba Barcelona

Benarkah Makin Banyak Teman Berarti Makin Cerdas?

Benarkah Makin Banyak Teman Berarti Makin Cerdas? Ilustrasi Pertemanan. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Hasil studi dari Universitas Oxford yang dipresentasikan Society for Neuroscience mengungkapkan, semakin seseorang memiliki banyak teman, maka semakin besar pula daerah tertentu pada otak yang akan berkembang.

Para peneliti mengungkapkan bahwa orang yang berjaringan sosial lebih luas juga memiliki kecerdasan otak yang lebih hebat serta peningkatan konektivitas antardaerah otak yang lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang lebih introvert.

Baca Juga: Fakta Membuktikan, Otak Manusia Ternyata Semakin Menyusut

Daerah-daerah otak nampaknya secara khusus terpengaruh dalam korteks cingulate anterior (bagian otak yang berfungsi mengatur tekanan darah, denyut jantung dan rasional kongnitif seperti pengambilan keputusan dan emosi) dan korteks prefrontal dorsolateral (bagian otak yang memiliki fungsi eksekutif seperti mengatur ingatan, penalaran dan perhatian).

Untuk keperluan studi, peneliti mengamati otak 18 partisipan yang juga ditanyai jumlah orang yang berinteraksi dengan mereka selama satu bulan lebih (sebuah indikator ukuran jaringan sosial mereka).

Baca Juga: Sebelum Terlambat! Ini 5 Tips Ampuh Mencegah Penyakit Stroke

Studi ini mendapati fakta bahwa ada hubungan konektivitas daerah antarotak dan ukuran jejaring sosial partisipan.

Namun peneliti mencatat hanya satu hubungan yang diamati.  Belum diketahui apabila memiliki jaringan sosial yang luas berdampak pada otak atau jika orang yang memiliki daerah otak lebih besar dan konektivitas otak yang lebih luas lebih mampu menangani jaringan sosial yang lebih luas, sehingga lebih mungkin memiliki banyak koneksi sosial.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam

Berita Terkait: