Pantau Flash
ABK WNI Disiksa di Kapal China, Komisi IX Minta Pemerintah Tuntaskan
Sultan HB X: Warga Merapi Tak Perlu Diajari Erupsi, Mereka Lebih Paham
Sri Mulyani: Defisit APBN Semester I Capai 1,57 Persen
Pengelola: Ancol Direklamasi Agar Tetap Bertahan di Dunia Rekreasi
Masjid Istiqlal Tak Akan Gelar Salat Idul Adha

Berbahaya Main Handphone Saat Hujan Petir Ternyata Cuma Mitos!

Berbahaya Main Handphone Saat Hujan Petir Ternyata Cuma Mitos! Ilustrasi petir. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Pernah nggak Sobat Pantau dilarang menggunakan handphone saat sedang hujan deras disertai petir? Apakah benar bisa membahayakan jika main handphone saat hujan dan petir? 

Ternyata hal itu belum sepenuhnya benar lho, sobat Pantau. 

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) pernah merilis sebuah jurnal dan menjelaskan faktor utama yang memengaruhi lokasi tempat petir akan menyerang.

Baca juga: Infografis Cara Mudah Cek Handphone Asli atau Black Market

John Jensenius, peneliti di bidang perubahan cuaca NOAA, mengatakan komponen logam yang terdapat dalam perangkat seluler memang ada yang dapat menangkap sinyal berupa gelombang elektromagnetik hingga menghasilkan medan listrik-magnet. Namun, kandungan logam dalam ponsel sama sekali tidak memicu sambaran petir.

Menurutnya, ponsel, benda logam kecil, perhiasan dan benda lainnya tidak mampu memicu sambaran petir.

"Orang-orang yang tersambar petir (saat menggunakan ponsel) sebenarnya hanya berada di tempat dan waktu yang salah. Maksudnya saat itu mereka sedang berada di luar (ruangan) dan tempat tinggi ketika ada hujan dan sambaran petir," ucap Jensenius seperti dikutip dari CNN. 

Profesor Departemen Kedokteran dan Bioengineering University of Illinois Dr. Marry Ann Cooper menyayangkan dipercayanya mitos mengenai sambaran petir saat bermain handphone di masyarakat. Ia menegaskan bahwa tidak ada kaitannya antara penggunaan ponsel dengan hujan disertai sambaran petir.

"Tidak ada bahaya di balik penggunaan ponsel saat hujan petir. Tidak ada hubungan antara kedua hal tersebut sama sekali," ucap Cooper.

Baca juga: Seram, Ternyata Kecanduan Ponsel Bisa Bikin Orang Penyakitan

Lebih jauh, Cooper menyebut menggunakan telepon rumah atau telepon kabel karena lebih berpotensi menghantarkan listrik saat petir menyambar. Daripada menggunakan telepon kabel, ia mengatakan para ahli justru menyarankan untuk menggunakan ponsel.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: