Pantau Flash
Presiden Jokowi Tegaskan Pilkada Serentak 2020 Tidak akan Ditunda
PSBB Jakarta Diperketat, BPJS Ketenagakerjaan Optimalkan Lapak Asik
Bareskrim Polri Kirim SPDP Kasus Kebakaran Gedung Kejaksaan ke Kejagung
Kemendikbud Terbitkan Persekjen 14/2020 Soal Juknis Bantuan Kuota Internet
Enam Jenazah WNI Ditemukan di Pantai Johor Malaysia

Berbeda dengan di Indonesia, Sapi-Sapi Ini Punya Tubuh yang Unik

Berbeda dengan di Indonesia, Sapi-Sapi Ini Punya Tubuh yang Unik Sapi Nellore asal India. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sapi memang salah satu jenis hewan yang mudah kita temui di mana pun. Sapi juga menjadi salah satu hewan pilihan untuk kurban di setiap momen Idul Adha umat muslim. 

Tapi ternyata sapi juga banyak jenisnya loh. Wilayah ternyata bisa mempengaruhi bentuk dan bobot sapi itu sendiri loh. Karena bentuknya yang berbeda dengan sapi di Indonesia, tak jarang kita menganggap sapi-sapi lain unik. Seperti sapi di bawah ini yang telah Pantau.com rangkum. 

Baca juga: Kementan Prediksi Tahun 2019 Ada 1.3 Juta Ekor Hewan Kurban

1. Texas Longhorn

Sapi Texas Longhorn. (Foto: Istimewa)

Sapi ini terkenal dengan tanduknya yang panjang bahkan bisa mencapai dua meter. Hal itu yang menyebabkan sapi tersebut mendapat julukan longhorn sedangkan Texas lantaran sapi ini banyak dikembangbiakkan di Texas, AS. Harganya sendiri sapi ini umumnya dibandrol harga 40 ribu dolar atau sekitar Rp524 juta.

2. Highland Cow


Sapi Highland (Foto: Istimewa)

Sapi ini biasa hidup di dataran tinggi atau wilayah negara Skotlandia, sangat berbeda jauh dengan jenis sapi yang ada di Indonesia. Jenis sapi ini memiliki kaki yang lebih pendek, berbulu lebat yang bergelombang. Bulu lebatnya itu bermanfaat untuk melindungi tubuhnya dari suhu dingin agar tetap hangat.

3. Belgian Blue

Sapi Belgian Blue. (Foto: Istimewa)

Bukan hanya manusia yang bisa berotot. Sapi jenis Belgian Blue membuktikan bisa memiliki otot. Sesuai namanya, sapi ini berasal dari Belgia. Lantaran badannya yang berotot, bobot Belgian Blue bisa mencapai 1 ton.

4. Sapi Chili

Sapi Chilli (Foto: Istimewa)

Sapi Chili merupakan sapi yang paling tinggi di Inggris hingga mencapai dua meter dan berat mencapai 1,25 ton. Ternyata sejak masih berusia muda, sapi Chili telah berukuran jumbo.

Baca juga: Video Pemusik Mainkan Saxophone di Peternakan Sapi, Eh Kok Jadi Gini

5. Sapi Nellore

Sapi Nellore (Foto: Pixabay)

Nama jenis sapi ini sesuai dengan daerah asalnya, kota Nellore di India. Sapi Nellore ternyata merupakan hasil persilangan antara sapi lokal dengan sapi onggole di India. Di punggungnya, sapi Nellore memiliki punuk seperti unta dan telinga lebar yang bergelambir. 

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: