Pantau Flash
Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris Positif COVID-19
Tim SAR Kerahkan 4 Helikopter ke Paniai Evakuasi Heli PT NUH
Total Kasus Positif di Lingkungan KPK Mencapai 115 Orang
Pesawat Dabi Air Ditembaki di Bandara Bilogai Papua oleh KKB
Belum Bayar Utang ke Negara, Bambang Trihatmodjo Dicegah ke Luar Negeri

Bermain Game Lebih Efektif Hilangkan Stres Daripada Meditasi?

Bermain Game Lebih Efektif Hilangkan Stres Daripada Meditasi? Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Sebuah penelitian yang dilakukan di University College London dan The University of Bath, mengungkap salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan stres setelah seharian bekerja yakni bermain game di ponsel.

Baca juga: WHO Nyatakan Kecanduan Game Sebagai Penyakit Modern

Bahkan menurut penelitian itu, game di ponsel jauh lebih efektif daripada aplikasi mindfulness yang diciptakan untuk membantu penggunanya agar tenang, mengontrol pernapasan mereka, dan berlatih meditasi.

Penelitian dilakukan lewat dua percobaan untuk mengambil data. Pertama, peneliti meminta 45 siswa untuk bersantai melalui media yang berbeda setelah tes matematika.

Percobaan kedua, peneliti meminta 20 peserta untuk menggunakan permainan ponsel pintar atau aplikasi mindfulness untuk bersantai setelah bekerja.

Kedua percobaan itu menunjukkan mereka yang memilih game ponsel pintar lebih santai dan lebih terkendali, demikian seperti dilansir Medical Daily, beberapa waktu lalu.

"Untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang kita, kita harus dapat bersantai dan memulihkan diri setelah bekerja. Studi kami menunjukkan bermain game digital bisa menjadi cara yang efektif untuk melakukan itu," kata penulis utama penelitian itu, Dr Emily Collins.

Baca juga: Giring Jadikan Main Game Cara Berinteraksi dengan Anak

Emily juga mencatat bahwa pemulihan dan relaksasi pasca-bekerja jauh lebih efektif ketika seseorang benar-benar menikmati permainan di ponselnya itu dan bukan hanya untuk sekadar menghabiskan waktu saja.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: