Pantau Flash
Kemenhub: 3 Maskapai Langgar Aturan Kapasitas Pesawat
Camat di Perbatasan Negara Bakal Punya Kewenangan Multidisiplin Ilmu
Percepat Ekspor-Impor, Mendag Dorong Ekosistem Logistik Nasional
Mabes Polri Larang Seluruh Kegiatan Keramaian di Tingkat Wilayah
Jaksa Agung Bantah Pernah Komunikasi dengan Djoko Tjandra

Bersama Freek dan Saykoji, Swerte Rilis Single 'Esso' Jeritan Kala Lockdown

Bersama Freek dan Saykoji, Swerte Rilis Single 'Esso' Jeritan Kala Lockdown Swerte rilis single berjudul 'Esso'. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Musisi keturunan Indonesia-Swiss, Swerte yang kini berkarier di Dubai akhirnya kembali ke skena musik hiphop dengan single debutnya berjudul ‘Esso’. 

Bukan nama baru, Swerte merupakan rapper yang sempat membentuk grup bernama The Southsiderz di Indonesia. Mereka juga sempat menjadi opening act untuk show Dewi Sandra pada akhir tahun 90’an.

Sepanjang kariernya, Swerte telah merilis 3 Mixtape dengan judul “The Mini Mixtape Series” sekaligus project bernama “Raconteur” yang membuatnya kembali ke Indonesia untuk tampil di beberapa show.

Baca juga: Yura Yunita Terpaksa Harus Rekaman di Rumah Sendiri untuk Single Terbarunya

Swerte dikenal sebagai rapper yang cerdas memainkan kata-kata. Selain menjadi rapper, ia mengelola The Recipe di Dubai, sekaligus mengurus kegiatan grup tersebut bersama label tempatnya bernaung.

Selama 10 tahun waktunya sebagai member dari The Recipe, di mana mereka juga pernah menjadi opening act beberapa artis internasional seperti Snoop Dogg, Rick Ross, Dave East, Koffee, dan masih banyak lagi.

Tidak sendiri, Swerte juga mengajak Freek, Drill Artist dari Arab sekaligus musisi rap asal Indonesia, Saykoji. Diproduseri Mjeezy, lagu ini tidak hanya dibawakan dalam 1 bahasa saja.

Baca juga: Rapper Slim Thug Positif Korona Setelah Alami Demam Tinggi dan Batuk

Tiga bahasa berbeda ditampilkan dalam ‘Esso’, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Arab yang walaupun berbeda-beda tetap dapat menjadikan lagu ‘Esso’ ini satu kesatuan yang luar biasa.

‘Esso’ sendiri bercerita tentang perasaan masing-masing artis serta hal-hal yang mereka alami selama lockdown dan beberapa kejadian yang sudah terjadi selama tahun 2020.

Protes, kekecewaan, juga rasa syukur tertuang lengkap di dalam lagu berjudul 'Esso'. Ditambah kemampuan Swerte untuk memainkan vokal dengan autotune sekaligus membawakan lirik secara cepat lengkap dengan anthemic drill beat yang kuat membuat ‘Esso’ adalah lagu yang tepat untuk menjadi single debut Swerte.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: