Pantau Flash
Erick Thohir Ganti Dirut PT Pembangunan Perumahan
Doni Monardo Sebut Akan Ada Standarisasi Harga Tes PCR
Gempa M 7,1 Maluku Utara Akibat Subduksi Lempeng Laut Filipina
Seorang Pemain Tottenham Hotspur Positif Terinfeksi COVID-19
Pemerintah Segera Bayar Dana Kompensasi kepada PLN dan Pertamina

Bikin Tercengang, Ini 5 Kota dengan Tarif Transportasi Termahal di Dunia

Bikin Tercengang, Ini 5 Kota dengan Tarif Transportasi Termahal di Dunia Transportasi umum di Luxembourg (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Berencana liburan ke luar negeri ataupun luar kota tentu membuat kita tidak lupa untuk mencari akses transportasi umum yang bisa dipakai guna menikmati liburan. Transportasi umum tentu menjadi pilihan utama bagi pendatang, karena dengan memakai transportasi kota kita tahu tempat jelas tempat tujuan kita. Belum lama ini Deutsche Bank baru saja merilis survei tahunan ke-8 untuk harga global dan standar hidup dari berbagai negara serta kota di seluruh dunia.

Survei tersebut menunjukkan terdapat beberapa ibukota di seluruh dunia yang memiliki biaya transportasi umum termahal di dunia. Salah satunya adalah Dublin, Irlandia. Kota ini berada dalam daftar ini. Biaya yang dibutuhkan untuk menaiki transportasi umum sebesar USD128 atau Rp1,85 juta per bulannya dalam kurs USD1= Rp14.500. Transportasi umum tentu menjadi tujuan utama para pengunjung untuk menikmati liburan tanpa pusing memikirkan yang lain. Namun bagaimana kalau transportasi kota yang kita tuju memiliki tarif transportasi termahal di dunia, tentu hal itu akan membuat kita berfikir dua kali untuk menaikinya.

Apa Saja Daftar Kota dengan Transportasi Termahal di Dunia?

Agar kita tidak salah pilih transportasi, berikut lima daftar kota dengan tarif transportasi umum termahal di dunia.

1. London, Inggris

london

Transportasi Shuttle di London (Foto:Roadaffair.com)

Siapa yang tidak tahu dengan kota satu ini. Kota ini memang dikenal dengan biaya hidup paling mahal di dunia. Deutsche Bank mencatat, per bulan rata-rata warga London mengeluarkan biaya tak kurang dari USD179 atau sekitar Rp2,5 juta untuk transportasi.

Namun walaupun harganya mahal, mayarakat disana lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum, karena dinilai paling nyaman lebih efisien saja. Ibu Kota Inggris ini memang selalu mmenjadi daya tarik tersendiri untuk para pendatang, karena saat kita berlibur di London kita akan dengan mudah menemukan transportasi umum.

Baca Juga: 5 Desa Paling Angker di Indonesia, Ada yang Diyakini sebagai Kota Atlantis

2. Dublin, Irlandia

dublin

Transportasi Kereta di Irlandia (Foto: Gotirlandia.com).

Setelah London, ada Dublin yang berada di urutan kedua dalam daftar kota paling mahal untuk biaya transportasi umum. Di ibu kota Irlandia ini rata-rata warganya harus membayar sebesar USD128 atau Rp1,8 juta per bulan untuk akomodasi.

Meski dipatok harga mahal, ternyata masyarakat lebih memilih menggunakan transportasi umu. Hal ini tentu saja tidak mengherankan, karena kota ini bisa dinilang cukup siap untuk menghadirkan transportasi umum. Bahkan dilansir dari TripAdvisor, ada lima pilihan transporasi publik terbaik di Dublin yaitu: Luas Tram Service, Dublin Area Rapid Transit, Dublin Tunnel, Go Bus dan Dublin Coach.

3. Auckland, Selandia Baru

auckland

Transportasi Bus (Foto: Reuters)

Negara Selandia Baru ini memang akhir-akhir ini lagi mencuri perhatian banyak publik karena banyaknya wisata yang mengiurkan sehingga membuat kita ingin menggunjunginya.

Namun untuk urusan transportasi Kota di Selandia baru ini berada di urutan ketiga dalam daftar kota dengan biaya transportasi umum paling mahal sedunia. Rata-rata setiap bulan, warga Auckland mengeluarkan biaya USD125,70 atau setara Rp1,7 juta untuk transportasi publik.

Tapi untuk masalah transportasi tidka perlu diragukan lagi, mereka bahkan menyediakan transportasi antar kota, dimana bus dinilai cukup murah untuk berpindah dari kota satu ke kota lainnya.

Baca Juga: 5 Budaya Adat Indonesia dengan Biaya Nikah Termahal

4.Tokyo, Jepang

tokyo

Transportasi di Tokyo (Foto: Istimewa)

Kota satu ini memang selalu membuat orang tertarik untuk mengunjunginya. Bagaimana tidak dari musim dingin, musim panas, hingga musim semi Negeri Sakura ini memiliki daya tarik tersendiri. Iya negara teknologi terbesar dan terbaik di Asia ini memang untuk transportasi tak bisa diragukan lagi.

Walaupun memiliki transportasi umum yang baik, ternyata harganya pun bisa membuat kita tercengan untuk masyarakat Asia khususnya. Bagaimana tidak, Tokyo berada pada urutan keempat dengan sistem transportasi umum termahal di dunia. Di mana rata-rata setiap bulan, warga Tokyo mengeluarkan biaya USD123 atau setara Rp1,7 juta untuk transportasi publik.

Selain sangat terintegrasi, transportasi publik di Tokyo juga terkenal paling rumit. Kota ini memiliki jaringan transportasi berbasis rel alias kereta yang memiliki jangkauan sangat luas. Kereta di Tokyo terkenal sangat tepat waktu, nyaman, dan aman. Tak heran jika kereta merupakan moda transportasi utama di kota Tokyo maupun Jepang secara keseluruhan.

5. New York City, Amerika Serikat

amerika serikat

Shuttle di New York City (Foto: Istimewa).

Kota satu ini tentunya masuk dalam jajaran transportasi termahal dong. Hal itu karena kota satu ini memiliki berbagai macam transportasi yang dapat digunakan untuk memudahkan perjalanan, seperti angkutan kereta commuter, bus express, kereta bawah tanah, dan Bus Rapid Transit (BRT).

Deutsche Bank mencatat, warga kota New York dalam sebulan bisa menghabiskan uang sebesar USD 121 atau sekitar Rp1,7 juta untuk transportasi umum. Walaupun mahal ternyata transportasi umum selalu menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat New York.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - WIL