Pantau Flash
Erick Thohir Ganti Dirut PT Pembangunan Perumahan
Doni Monardo Sebut Akan Ada Standarisasi Harga Tes PCR
Gempa M 7,1 Maluku Utara Akibat Subduksi Lempeng Laut Filipina
Seorang Pemain Tottenham Hotspur Positif Terinfeksi COVID-19
Pemerintah Segera Bayar Dana Kompensasi kepada PLN dan Pertamina

Bukan Cuma Buat Gaya, Mulailah Maksimalkan Fungsi Kacamata Hitam

Bukan Cuma Buat Gaya, Mulailah Maksimalkan Fungsi Kacamata Hitam Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Saat memilih sepasang kacamata hitam, ada yang lebih penting dipikirkan dibanding sekadar tampil modis atau menyesuaikan dengan bentuk wajah. Lindungi mata dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

Baca juga: Ini Dia 5 Gaya Spontan Presiden Jokowi yang Sempat Bikin Heboh

Saat berbicara mengenai bentuk, artinya kacamata ideal itu mendekati alis. Para ahli juga merekomendasikan memilih kacamata hitam dengan bingkai lebar agar mata terjaga dari cahaya yang menyelinap dari samping.

Hal ini karena terlalu banyak paparan sinar UV dapat menyebabkan kerusakan permanen pada konjungtiva, lapisan sel yang melapisi bagian dalam kelopak mata dan menutupi bagian putih mata.

Lensa juga penting dan mesti mampu menghalangi sinar UV dengan panjang gelombang lebih kecil dari 400 nanometer, ujar para ahli.

Pilihan terburuk adalah kacamata berwarna, yang tidak dapat menyaring sinar UV yang merusak namun mengelabui mata untuk berpikir bahwa mata akan terlindungi, yang berarti sinar berbahaya secara langsung masuk ke retina tanpa penghalang sama sekali.

Baca juga: Virgoun Kecanduan Belanja 'Online' Berkat 'Virtual Money'

Faktor terakhir yang wajib dipertimbangkan adalah tingkat anti silau, yang menentukan sejauh mana cahaya dipantulkan dari lensa. Untuk liburan di pantai, kacamata harus memiliki tingkat anti silau menengah hingga atas, tetapi tingkat menengah juga tidak masalah untuk berjalan santai di kota, menurut para ahli.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: