Pantau Flash
KPK Ingatkan Penyelewengan Anggaran Terkait Korona Bisa Dihukum Mati
Pangeran Charles Sembuh dari Virus Korona
Mitigasi Dampak COVID-19, BI Dukung Penerbitan Perppu No 1 Tahun 2020
10.597 Warga Jabar Sudah Ikut Rapid Test, 409 Ditemukan Positif COVID-19
Di Tengah Wabah Korona, Menteri Edhy: KKP Akan Berikan Layanan Terbaik

Bukan di Amerika atau Eropa, Ini 5 Gedung Tertinggi di Dunia

Bukan di Amerika atau Eropa, Ini 5 Gedung Tertinggi di Dunia Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Untuk mengukur ketinggain suatu bangunan, sebagian besar pengukuran resmi seperti Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), menggunakan ketingguan arsitektural, dari pintu masuk hingga ke puncak, termasuk menara tetapi tidak dengan antena atau tiang bendera.

Bukan Amerika atau Eropa, tapi Asia dan Timur Tengah saat ini telah mendominasi sebagian besar gedung tertinggi dunia. Tersebar di mana saja gedung tersebut? Berikut 5 gedung tertinggi di dunia:

1. Burj Khalifa

gedung tertinggi di dunia burj khalifa

Gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa. (Foto: Tomasz Czajkowski/Shutterstock)

Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab, telah memegang gelar bangunan tertinggi di dunia sejak 2010, ketika diciptakan sebagai bagian dari distrik untuk perbelanjaan dan hiburan di Downtown Dubai.

Baca juga: 5 Kota dengan Populasi Terpadat di Dunia, Jakarta Urutan Berapa?

Gedung ini memiliki tinggi mencapai 2.727 kaki, dengan 163 lantai. Burj Khalifa merupakan hotel dan rumah mewah, tetapi pengunjung dapat mengunjungi beberapa dek observasi dan lounge di lantai 154.

2. Shanghai Tower

gedung shanghai tower

Shanghai Tower. (Foto: Vladimir ZH/Shutterstock)

Gedung tertinggi di China dan menjadi gedung tertinggi kedua di dunia, Shanghai Tower dibuka secara resmi pada 2017 silam. Bersama dengan Jin Mao Tower (23 tertinggi dunia) dan Shanghai World Financial Center (10 tertinggi dunia), ketiga bangunan tersebut merupakan pusat dari distrik keuangan Kota Shanghai.

Untuk salah satu kota terpadat di bumi, Shanghai memanfaatkan memberluas bangunan ke atas. Gedung ini memiliki tinggi mencapai 2.073 kaki dengan 128 lantai. Di gedung ini terdapat kantor, pusat perbelanjaan, tempat makan, dan dek observatorium yang terletak di lantai 118 dengan sebuah museum.

3. Makkah Royal Clock Tower

gedung makkah royal clock

Makkah Royal Clock Tower. (Foto: Ijam Hairi/Shutterstock)

Mohon maaf Big Ben, empat jam pada Makkah Royal Clock Tower yang dilengkapi dengan lampu LED, merupakan yang terbesar dan tertinggi du dunia. Tower ini memiliki ketinggian hingga 1.972 kaki dengan 120 lantai. Menara cantik ini tampak sudah ada untuk waktu yang lama, namun baru selesai pada 2012.

Baca juga: Ini 5 Negara Bagian di AS dengan Biaya Hidup Paling Mahal

Menara ini terletak di pusat bersejarah kota suci Mekkah, Arab Saudi, di dekat Masjidil Haram. Mekkah merupakan salah satu kota paling banyak dikunjungi di seluruh dunia. Pengunjung dapat naik ke dek observasi.

4. Ping An Financial Center

gedung ping an financial center

Ping An Financial Center. (Foto: Hellorf Zcool/Shutterstock)

Memiliki ketinggian hingga 1.965 kaki, gedung ini memiliki 115 lantai yang menjadi perkantoran pusat di Shenzhen. Gedung ini diberi nama perusahaan asuransi China, Ping An, dan selesai pada 2017 silam. 

Gedung ini menghubungkan kota metro dan properti komersial serta residensial di seluruh metropolis berkembang, yang merupakan zona ekonomi khusus pertama China.

5. Lotte World Tower

gedung lotte tower

Lotte World Tower. (Foto: SJ_P/Shutterstock)

Lotte World Tower merupakan bangunan tertinggi di negara Korea Selatan. Memiliki ketinggian 1.819 kaki, gedung ini memiliki 123 lantai. 

Bangunan yang selesai pada 2017 ini tersedia berbagai keperluan; ruang kantor, hotel mewah, tempat tinggal, dan pusat konvensi. Di halaman gedung ini juga terdapat taman hiburan yang populer yakni Lotte World, serta pusat perbelanjaan dan hiburan Lotte World Mall.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW