Pantau Flash
Aljazair Umumkan Kasus Virus Korona Pertama di Negaranya
Hasil Liga Champion Semalam: Bayern Berpesta, Barca Tertahan
Tok! PT LIB Tak Izinkan Klub Disponsori Situs Judi hingga Rokok
Wakil Menkes Iran Iraj Harirchi Dinyatakan Positif Korona
Demi Bantu Jiwasraya, Erick Thohir: Masih Proses Diskusi

Bukan Hanya Disikat Saja! Ini 6 Tips Merawat Gigi

Bukan Hanya Disikat Saja! Ini 6 Tips Merawat Gigi Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Apa hal pertama yang kebanyakan dari kita lakukan ketika menyadari bahwa kita memiliki penyakit pencernaan? Kami memastikan bahwa akan mencari perawatan dan melakukan perubahan gaya hidup tertentu untuk mencegahnya di masa depan, bukan?

Demikian pula, kami selalu mengambil tindakan untuk menjaga organ vital dan kesehatan umum untuk mencegah penyakit. Namun, ketika menyangkut kesehatan mulut atau kesehatan gigi, banyak dari kita mengabaikannya, karena kita tidak menghubungkan kesehatan gigi kita dengan kesehatan secara keseluruhan.

Banyak dari kita berpikir bahwa gigi kita hanya ada untuk membantu kita memecah makanan dan memberi struktur pada wajah kita. Namun, kesehatan gigi dan kesehatan mulut secara umum berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan juga. Dilansir Boldsky, berikut adalah beberapa tips untuk membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan gigi.

Baca juga: Bikin Risih Nggak Sih Gigi Kuning? Ternyata Ini 5 Penyebabnya Lho 


Ilustrasi (Pixabay)

1. Jangan Hanya Menyikat Gigi

Sekarang, kita tahu bahwa untuk menjaga kebersihan gigi dan kesehatan mulut, kita perlu menyikat gigi setidaknya 2-3 kali sehari dan terutama sekali pada malam hari, sebelum tidur. Namun, banyak dari kita cenderung hanya menyikat gigi dan mengabaikan bagian lain di dalam mulut, seperti lidah.

Dokter gigi mengatakan bahwa seseorang juga harus menyikat lidah mereka atau menggunakan pembersih lidah saat menyikat untuk menghilangkan plak yang terakumulasi, karena plak ini juga dapat membahayakan kesehatan mulut Anda. Selain itu, gusi Anda juga harus dibersihkan.

2. Kesehatan Mulut Berhubungan dengan Penyakit Besar

Seperti yang kita baca sebelumnya, kesehatan mulut juga berdampak pada kesehatan umum kita, lebih dari yang disadari. Tidak menjaga kesehatan gigi yang optimal tidak hanya dapat menimbulkan gigi berlubang, tetapi juga terkait dengan sejumlah penyakit.

Studi penelitian telah menemukan bahwa gigi berlubang dan penyakit gusi dapat menyebabkan penyakit jantung dan bahkan penyakit Alzheimer, karena pembuluh darah dari mulut terhubung langsung ke jantung dan otak dan darah yang terinfeksi dari mulut dapat mencapai kedua organ ini.

Ilustrasi (Pixabay)

3. Sering-sering Bersihkan Gigi

Kapan terakhir kali Anda mengunjungi dokter gigi untuk membersihkan gigi? Jika jawabannya lebih dari beberapa bulan yang lalu, maka, Anda bisa membahayakan kesehatan gigi Anda.

Meskipun kita dapat menyikat dan membersihkan gigi di rumah secara teratur, pembersihan profesional di dokter gigi juga harus sering dilakukan, karena mereka memiliki alat khusus yang dapat membersihkan gigi kita dan menyingkirkan bakteri di tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi kita, oleh karena itu mencegah penyakit gigi yang akan datang.

Baca juga: Mengunyah Permen Karet Punya Manfaat Lho bagi Kesehatan, Ini Buktinya

4. Hindari Membilas Setelah Menyikat

Biasanya, kebanyakan dari kita mengikuti prosedur menyikat gigi dan segera mencuci mulut setelahnya, bukan? Nah, dokter gigi berpendapat bahwa menggunakan sedikit pasta gigi untuk menyikat dan tidak membilas mulut setelahnya, memungkinkan bahan aktif dalam pasta gigi untuk membunuh lebih banyak kuman dan bakteri yang ada di mulut.

Bahkan ketika harus menggunakan obat kumur, tidak perlu berkumur dengan air, setelah Anda selesai menggunakannya.

Ilustrasi (Pixabay)

5. Minuman Bebas Gula Juga Dapat Merusak Gigi 

Kita sudah mengetahui fakta bahwa makanan dan minuman yang mengandung gula dapat memiliki sejumlah efek tidak sehat, termasuk merusak gigi kita; Namun, apa yang kita mungkin tidak tahu adalah fakta bahwa bahkan apa yang disebut minuman bebas gula, terutama soda dan minuman bersoda dapat menyebabkan gigi berlubang.

Ini karena sebagian besar minuman bersoda mengandung asam karbonat yang dapat merusak enamel gigi Anda, ketika sering dikonsumsi.

6. Hindari Alkohol

Sudah diketahui bahwa mengkonsumsi alkohol secara teratur dapat membahayakan kesehatan mental dan fisiologis kita. Sekarang, ada tambahan lain dalam daftar efek buruk alkohol.

Studi penelitian telah menemukan bahwa mengkonsumsi alkohol, terutama pada malam hari, dapat meningkatkan risiko gigi berlubang dan penyakit gusi, karena alkohol adalah minuman fermentasi yang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri ketika terakumulasi di rongga gigi Anda.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: