Bukan Kopi, Ini Rekomendasi Minuman untuk Mencegah Kantuk

Headline
Kombucha, salah satu minuman sehat pengganti kopi. Foto : (Freepik)

Pantau – Kopi bisa mengusir kantuk berkat kandungan kafein di dalamnya. Kafein merupakan zat stimulan, yang bekerja dengan menstimulasi otak dan sistem saraf pusat melalui sejumlah proses yang melibatkan neurotransmiter. 

Sayangnya, kopi sering menimbulkan sejumlah efek samping. Beberapa di antaranya adalah peningkatan asam lambung, gerd, hingga perubahan warna pada gigi. 

Oleh karena itu,bila kamu memiliki kebiasaan mengonsumsi kopi setiap hari, sebaiknya segera kurangi dan menggantinya dengan minuman yang lebih sehat.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini enam rekomendasi minuman sehat pengganti kopi yang bisa dicoba.

1. Minuman coklat

Dalam secangkir minuman cokelat, terdapat kurang lebih 5 sampai 10 miligram kafein. Jumlah tersebut memang lebih sedikit dibanding kafein dalam kopi. Namun, kafein yang ada dalam minuman penahan kantuk ini tetap mampu membuat kamu lebih terjaga dan segar kembali. 

2. Teh hijau

Teh hijau merupakan minuman sehat selain kopi yang bisa dicoba untuk mencegah kantuk. Hal ini dikarenakan satu cangkir teh hijau mengandung sekitar 50 miligram sehingga bisa meningkatkan semangat tanpa memberikan efek samping. Minuman ini mengandung katekin EGC yang berfungsi sebagai antioksidan. Dengan demikian, teh hijau dapat  mencegah kerusakan sel dalam tubuh serta berbagai penyakit.

3. Kombucha

Kombucha juga bisa menjadi minuman pencegah kantuk. Kombucha dapat bantu menyegarkan tubuh sekaligus mengusir kantuk berkat kandungan kafein, yang berpadu dengan L-theanin.

4. Air kelapa

Air Kelapa Minuman sehat pengganti kopi berikutnya adalah air kelapa. Alasannya air kelapa mengandung elektrolit seperti magnesium, kalium dan natrium yang dapat membantu memulihkan energi. Minuman ini juga mengandung serat, vitamin C, dengan sedikit kalori.

5. Minuman jahe

Selain mencegah kantuk, jahe juga memiliki beragam manfaat kesehatan lain, terutama untuk kesehatan pencernaan. Manfaat tersebut antara lain meredakan sakit perut, mengurangi kembung, mencegah masuk angin, hingga memperbaiki mood.


Tim Pantau
Editor
Annisa Indri Lestari