Pantau Flash
Surat Edaran Kemenag: Salat Tarawih di Rumah dan Salat Id Ditiadakan
639 Jenazah Dimakamkan di DKI Jakarta Sesuai Protap COVID-19
Update COVID-19 Indonesia 6 April: 2.491 Positif, 192 Sembuh, 209 Meninggal
Dokter Klub Liga Perancis Bunuh Diri Usai Dinyatakan Positif Korona
Pemerintah: Belum Ada Wilayah yang Disetujui untuk Terapkan PSBB

Cara Tantri 'Kotak' Ajarkan Anak Berpuasa

Cara Tantri 'Kotak' Ajarkan Anak Berpuasa Tantri 'Kotak'. (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Vokalis band Kotak, Tantri Syahlindri Ichlasari mengaku susah-susah gampang mengajarkan anak semata wayangnya Kara Nada untuk berpuasa lantaran umurnya yang masih berusia tiga tahun, namun ia terus berusaha memberikan contoh.

"Kalau tiga tahun menurut aku belum (puasa), cuma pasti dia melihat orangtuanya melakukan hal apa. Pelajaran paling penting mencontoh, walaupun dia di rumah, pasti dia ngerasa kok ada yang berbeda ya," ujar Tantri dalam peluncuran 'Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019' si Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2019.

Baca juga: Sedari Kecil, Artika Sari Devi Kenalkan Puasa Kepada Anak-anak

Jika kebiasaan pelantun 'Masih Cinta' makan bersama anaknya dilakukan dengan cara suap-suapan, dan Tantri menolak saat balik disuapi anaknya, di sanalah ia kemudian memberikan pemahaman puasa kepada anaknya.

"Kalau nyuapin dia kan biasanya kita suka suap-suapan, sesuatu yang menarik gitu pas lagi makan. Pas lagi suap-suapan enggak mungkin saya suap-suapan," paparnya.

"Pas lagi momen itu saya kasih tahu, 'Bunda, lagi puasa baru bisa makan nanti setelah magrib'. Jadi kalau sekarang Kara saja dulu ya," lanjutnya.

Tantri juga tak menampik ada kalanya putrinya yang baru bersekolah itu ingin ikut berpuasa yang dijadikan sebagai alasan ogah makan, kebiasaan yang dilakukan hampir kebanyakan anak.

"Cuma jadi PR aku, cuma aku percaya tidak ada anak yang meninggal karena dia enggak mau makan. Pasti yang namanya orang kalau kelaparan makanan apapun pasti dia minta makan," jelasnya.

Baca juga: Berbuka Bersama Keluarga Besar Jadi Tradisi Dimas Seto di Bulan Puasa

Di bulan yang dinanti umat Islam ini juga, membuat wanita pemilik suara bass itu berusaha menanamkan nilai kebaikan kepada anaknya untuk menolong orang-orang yang tidak mampu.

"Alhamdulilahnya saya dengan keluarga ajarkan Kara untuk terus berbagi kebaikan dalam hal apapun. Kemarin pas ulang tahun juga berbagi kebaikan dengan yayasan juga. Jadi lebih seperti hal-hal seperti itu," tutupnya.

Tim Pantau
Penulis
Rifeni
Reporter
Dini Afrianti Efendi

Berita Terkait: