Pantau Flash
Alami Pneumonia Akibat Korona, Musisi jazz Ellis Marsalis Meninggal Dunia
WP KPK Tolak Wacana Pembebasan Napi Koruptor Dampak Pandemi Korona
Penanganan COVID-19 di Jakarta Disebut Lebih Baik dari Jabar dan Banten
PSI pada Jokowi: Mudik Harus Dilarang, Kalau Imbauan Saja Tak Akan Efektif
Update COVID-19 3 April: 1.986 Kasus Positif, 134 Sembuh, 181 Meninggal

Cegah Alergi Kacang dengan Beri Makan Kacang pada Anak Sejak Dini

Cegah Alergi Kacang dengan Beri Makan Kacang pada Anak Sejak Dini Mencegah Alergi Kacang Pada Anak. (Foto: npr.org)

Pantau.com - Orang tua disarankan untuk memberi anak mereka makanan yang mengandung kacang-kacangan sedini dan sesering mungkin, bahkan mulai dari bayi, hal tersebut dilakukan sebagai cara untuk membantu menghindari potensi alergi kacang pada anak.

Pedoman baru yang diterbitkan oleh National Institute of Allergy and Infectious Diseases, merekomendasikan untuk memberi bayi bubur atau makanan pendamping yang mengandung bubuk atau ekstrak kacang sebelum usia 6 bulan, dan bahkan lebih awal jika anak rentan terhadap alergi dan dokter mengatakan aman untuk dilakukan.

Baca Juga: Sebelum Terlambat! Ini 5 Tips Ampuh Mencegah Penyakit Stroke

Namun, tidak disarankan untuk memberi bayi keseluruhan atau sebutir kacang, karena dikhawatirkan akan tersedak.

Jika dilakukan, pedoman baru itu berpotensi menurunkan secara dramatis jumlah anak dengan alergi makanan yang paling umum dan paling mematikan tersebut, kata Dr. Anthony Fauci, direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases, yang menyebut pendekatan tersebut sebagai "game changing".

Baca Juga: Benarkah Obesitas Bikin Sperma Berkurang?

Alergi kacang merupakan penyebab kematian paling besar dari anafilaksis, atau penyempitan saluran nafas, dibanding alergi makanan lainnya. Meskipun kematian sangat jarang, anak-anak yang tumbuh dengan alergi kacang umumnya tidak dapat mengatasi itu dan harus menghindari kacang seumur hidup mereka.

Pedoman tersebut, diterbitkan di Annals of Allergy, Asthma and Immunology dan beberapa jurnal lainnya, menggantikan saran yang diberikan oleh American Academy of Pediatrics pada tahun 2000, ketika orang tua disarankan menghindari kacang untuk anak-anak berisiko tinggi alergi sampai mereka berusia 3 tahun.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU

Berita Terkait: