Cocok untuk Pria, Ternyata Udara Dingin Pagi Hari Bisa Bantu Pembakaran Lemak

Ilustrasi. (Foto: shutterstock)Ilustrasi. Foto : (shutterstock)

Pantau – Menurut laporan Medical Daily pada Jumat (19/5), sebuah riset yang menunjukkan lemak pada pria dapat terbakar jika terpapar oleh udara dingin pada pagi hari dibandingkan malam hari namun hal tersebut tidak berlaku bagi perempuan.

Riset tersebut berfokus kepada bagaimana paparan udara dingin dapat memicu pembakaran jaringan lemak cokelat untuk pengaturan suhu dan pembakaran kalori. Lemak cokelat adalah jenis lemak tubuh yang membantu mengatur suhu tubuh yang aktif tepat sebelum seseorang menggigil karena suhu dingin.

“Riset kami mengindikasikan bahwa waktu optimum untuk mengalami paparan udara dingin adalah pada titik spesifik dalam 24 jam siklus tubuh,” kata Mariette Boon dari Leiden University Medical Center yang menulis riset tersebut.

Dia menambahkan terdapat perbedaan respon tubuh terhadap metabolisme dalam waktu tertentu pada pria dan wanita dimana terapi paparan udara dingin pada pagi hari lebih menguntungkan bagi pria.

Proses riset tersebut melakukan uji coba terhadap 24 partisipan yang terdiri dari pria dan wanita untuk tidur di matras yang diisi air bersuhu 48 derajat fahrenheit (8,8 derajat celcius) selama 90 menit. Para peneliti mengukur pengeluaran energi dan temperatur kulit mereka.

Para peneliti menemukan bahwa pria memiliki perbedaan yang signifikan di pagi hari sementara pengeluaran energi dan suhu kulit akibat temperatur dingin tidak jauh berbeda antara pagi dan malam hari pada wanita.

Tim Pantau
Editor
Annisa Indri Lestari