Pantau Flash
Positif COVID-19 di DKI Jakarta Bertambah Terus hingga 7.153 Kasus
Kasus Positif COVID-19 RI 25.773, Nihil Kasus Baru di 10 Provinsi
Desak Presiden Jokowi Mundur, Ruslan Buton Dibawa ke Jakarta
AS Akhiri Hubungan dengan WHO, Trump: Mereka Dikendalikan China
Ada 4.599 Kendaraan Menuju Jakarta Diputarbalik

Demi Kesehatan Mental, Facebook Berencana Hapus 'Like'

Demi Kesehatan Mental, Facebook Berencana Hapus 'Like' Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Facebook berencana menyembunyikan fitur yang menjadi hal wajib di berbagai media sosial, 'like', demi kesehatan mental pengguna mereka.

Seorang ahli teknisi bernama Jane Manchun Wong mengunggah prototipe laman Facebook untuk aplikasi Android, tanpa jumlah 'like'. Kepada TechCrunch, Facebook membenarkan sedang mempertimbangkan untuk menghapus jumlah 'like'.

Baca juga: 7 Langkah Proteksi Akun Sosmed dari Tangan Usil

Facebook belum menguji coba ke publik untuk fitur itu dan belum ingin memberikan keterangan tambahan mengenai jumlah 'like' yang disembunyikan.

Beberapa bulan sebelumnya, Instagram, yang juga milik Facebook, menguji coba menyembunyikan jumlah l" di tujuh negara, yaitu Brazil, Jepang, Australia, Selandia Baru, Italia, Irlandia, dan Kanada.

Setelah jumlah 'like' disembunyikan, foto akan menampilkan beberapa nama akun yang menyukai foto pengguna. Sayangnya, Facebook juga belum mau menjelaskan bagaimana respons fitur itu di Instagram.

Facebook, saat uji coba untuk Instagram, menilai penyembunyian 'like' dapat membantu mengurangi perasaan destruktif seperti merasa diri sendiri tidak cukup baik karena tidak mendapatkan banyak 'like'.

Baca juga: Bantahan Facebook Kerap Dituding Jual Beli Data

Penyembunyian 'like' juga akan membantu pengguna agar tidak menghapus foto mereka hanya karena tidak mendapat banyak 'like'.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: