Pantau Flash
Paspor WNI Eks ISIS Akan Diblokir Pemerintah
Bappenas Sebut Ekonomi Indonesia 2021 Tergantung Donald Trump
Dua dari Tiga Pasien yang Dirawat RSHS Bandung Dinyatakan Negatif Korona
Menlu Retno Hadiri Pertemuan Tingkat Tinggi Sidang Dewan HAM PBB
Omnibus Law Diklaim Kurangi Tumpang Tindih Aturan di Sektor Pertambangan

Deretan Manfaat Alpukat untuk Kesehatan, Bisa Atasi Masalah Rambut

Deretan Manfaat Alpukat untuk Kesehatan, Bisa Atasi Masalah Rambut Ilustrasi alpukat. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Alpukat seringkali disebut sebagai salah satu buah untuk menjaga kesehatan. Hal tersebut karena alpukat memiliki banyak manfaat salah satunya lemak tak jenuh tunggal.

Selain untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit seperti kolesterol dan diabetes, alpukat juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Berikut 5 manfaat buah alpukat yang jarang diketahui dikutip dari The Healthy.

1. Rendah kolesterol


Ilustrasi alpukat. (Foto: Olha_afanasieva/iStock)

Alpukat kaya akan sterol tanaman, senyawa yang ditunjukkan untuk menurunkan kolesterol. Alpukat juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin E, magnesium, vitamin C, folat, dan seng.

Salah satu manfaat kesehatan dari alpukat adalah bahwa mereka memberikan lebih banyak kalium dari pisang. 

Baca juga: Alpukat Bisa Menjadi Bahaya Dikonsumsi Ibu Hamil Jika Dicampur dengan Ini

2. Mengurangi risiko penyakit jantung


Ilustrasi olahan alpukat. (Foto: Martinturzak/iStock)

Peneliti menunjukan bahwa mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh --salah satu manfaat dari alpukat yang paling terkenal, dapat mengurangi risiko penyakit jantung daripada sekedar menurunkan asupan lemak secara keseluruhan.

Analisis 50 studi dan uji klinis menunjukkan bahwa diet Mediterania, yang tinggi lemak tak jenuh tunggal, efektif untuk mencegah sindrom metabolik --faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan masalah jantung seperti stroke atau koroner penyakit arteri. 

3. Mengurangi risiko kanker


Ilustrasi alpukat. (Foto: Brittakokemor/iStock)

Salah satu manfaat kesehatan dari alpukat adalah bahwa lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menyerap antioksidan anti-kanker seperti lycopene (yang ditemukan dalam tomat) dan beta-karoten (pada wortel dan ubi jalar).

Baca juga: Berbahaya! Sudah Saatnya Kamu 'Wajib' Cuci Alpukat Sebelum Dimakan

4. Menjaga gula darah stabil


Ilustrasi olahan alpukat. (Foto: Kiboka/iStock)

Sebuah studi dari Loma Linda Universuty yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi setengah alpukat pada makan siang akan merasakan kepuasan lebih lama untuk mengkonsumsi makanan lainnya. 

Hal ini menunjukan bahwa makan alpukat tidak akan menaikan kadar gula darah, yang peneliti percaya bahwa buah tersebut bermanfaat untuk menjaga berat badan dan diabetes.

5. Menjaga kesehatan rambut


Ilustrasi alpukat untuk rambut. (Foto: Roman Rybalev/Shutterstock)

Beberapa kebiasan merawat rambut justru akan menyebabkan kerusakan, tetapi tidak dengan alpukat. Alpukat dapat melembabkan rambut karena memiliki sejumlah protein. 

Caranya dengan mengupas alpukat ditambahkan dengan satu sendok teh minyak gandung dan satu sendok teh minyak jojoba. Oleskan ke hingga ke ujung rambut kemudian tutup dengan handuk. Diamkan selama 15 hingga 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: