Pantau Flash
Kejuaraan Dunia IWAS Diundur Akibat Virus Korona
Ditresnarkoba: China Pemasok Terbesar Narkoba ke Indonesia
Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo Jadi Komut BRI
Presiden Jokowi Minta Segera Disiapkan Timnas Basket yang Tangguh
Persebaya Lolos ke Final Piala Gubernur Jatim 2020 Usai Bungkam Arema 4-2

Deretan Pelaksanaan Upacara Kemerdekaan Indonesia Paling Unik

Deretan Pelaksanaan Upacara Kemerdekaan Indonesia Paling Unik Upacara di Kebun Binatang Surabaya (Foto: Mongabay)

Pantau.com - Indonesia saat ini memasuki hari kamerdekaannya yang ke-74. Berbagai perayaan pun digelar oleh masyarakat dengan kemeriahan.

Salah satu yang lazim diselenggarakan yakni adalah upacara hari kemerdekaan. Di mana dalam upacara tersebut masyarakat Indonesia menaikan bendera merah putih kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks prolamasi seperti apa yang pernah dilakukan Presiden pertama kita yakni Ir. Soekarno saat menyatakan kemerdekaan tanah air.

Namun upacara yang seperti itu, mungkin biasa bagi kita untuk mengikutinya. Tapi tau kah anda jika masyarakat Indonesia pernah melakukan upacara kemerdekaan yang tak lazim. Berikut Pantau.com telah merangkum dari berbagai sumber upacara kemerdekaan paling unik yang pernah dilakukan.

1. Upacara di dataran tinggi


Upacara di Puncak Cartenz (Foto: Tablodjubi)

Jika biasanya mungkin anda sering mendengar melakukan upacara di atas puncak gunung. Namun upacara untuk memperingati hari kemerdekaan tersebut digelar di titik tertinggi di Indonesia. 

Ya, daerah ini terkenal dengan keberadaan salju abadi, Puncak Cartenz Gunung Jawa Wijaya. Selain para pendaki, kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa anggota TNI, masyarakat adat Papua, dan pejabat daerah.

Baca juga: 5 Budaya Adat Indonesia dengan Biaya Nikah Termahal

2. Upacara di dasar laut


Upacara di bawah laut (Foto: Seputar NTT)

Jika tadi upacara peringatan kemerdekaan dilakukan di daerah tertinggi di Indonesia kali ini upacara dilakuian di dasar laut. Aksi unik ini dilakukan oleh para komunitas penyelam di Sulawesi Selatan dan Kalimantan Timur. Pada tahun 2013 lalu, para penyelam yang terdiri dari TNI, Polri, dan Korpri di Sulawesi Selatan menggelar Upacara Kemerdekaan Indonesia di bawah laut. 

Pada tahun 2017 kegiatan Upacara Kemerdekaan Indonesia di bawah laut kembali dilkukan, kali ini oleh komunitas penyelam di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

3. Upacara di dalam Goa


Upacara di Goa (Foto: Jogjaupdate)

Upacara peringatan kemerdekaan lainnya dilakukan di dalam Goa. Aksi ini dilakukan oleh  beberapa kawan-kawan kita dari aktivis di Sukabumi.

Upacara ini dilakukan dalam Goa Buniayu, dimana yang menarik dua pengibar sang saka merah putih harus lebih dulu memanjat untuk bisa mengibarkan bendera.

Baca juga: 5 Kota dengan Luas Terkecil di Indonesia, Ada yang Pernah Jadi Ibu Kota

4. Upacara di Kebun Binatang


Upacara di Kebun Binatang Surabaya (Foto: Mongabay)

Upacara lazimnya dilakukan oleh manusia, namun tak ada salahnya jika hewan juga bisa mengikuti upacara layaknya manusia. Hanya saja tentu dilakukan dengan cara yang berbeda. Salah satu kebun binatang di Surabaya benar-benar mewujudkan adanya upacara hari kemerdekaan dilakukan antara hewan dengan petugasnya.

Meskipun tampak sesekali tingkah polah lucu dari binatang tersebut, namun kegiatan Upacara Kemerdekaan Indonesia berlangsung dengan khidmat. 

5. Upacara di Hutan Mangrove


Upacara di Hutan Mangrove (Foto: Hallojawa)

Pada tahun 2017 lalu, puluhan anak yatim di Kabupaten Demak menggelar upacara bendera di tengah Hutan Mangrove. Meski separuh badan anak-anak tersebut harus terendam di dalam lumpur, upacara tetap berlangsung dengan khidmat.

Setelah upacara berlangsung dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon Mangrove sebagai upaya menahan abrasi air laut.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Category
Ragam

Berita Terkait: