Pantau Flash
Bamsoet: Deklarasi Benny Wenda Makar, Pemerintah Harus Tindak Tegas
Rekor Lagi! Kasus COVID-19 di Indonesia Melonjak Naik 8.369 Hari Ini
Lemhannas: Benny Wenda Tidak Punya Kewenangan untuk Deklarasi Papua Barat
Ditangkap Bareskrim di Bogor, Ustadz Maaher Jadi Tersangka Kasus UU ITE
Dari Penggeledahan Rumah Dinas Edhy Prabowo, KPK Temukan Uang Rp4 Miliar

Dilarang Lakukan 5 Hal Ini Setelah Olahraga Lari

Dilarang Lakukan 5 Hal Ini Setelah Olahraga Lari Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Berlari adalah proses olahraga berat yang melibatkan banyak kekuatan otot dan kebugaran tubuh. Anehnya, banyak orang yang sadar akan fisik dan bentuk tubuh mereka sering memilih berlari sebagai latihan utama untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kekuatan otot-otot kaki. 

Dalam berlari, banyak aktivitas yang terlibat yang menginduksi metabolisme tingkat tinggi kemudian membakar kelebihan lemak yang tersimpan dalam tubuh. Tubuh banyak berkeringat karena aktivitas berat yang dilakukan.

Berlari bagus untuk Anda karena menghilangkan stres dan membuat tubuh Anda bugar dan aktif. Tetapi ada beberapa hal setelah aktivitas berlari yang harus dihindari. Apa saja itu?

Baca juga: Lapar Usai Olahraga Lari? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

1. Duduk terlalu lama

Ilustrasi (Shutterstock)

Ya, berlari adalah aktivitas fisik yang berat dan seringkali orang kekurangan energi. Dalam keadaan seperti itu, duduk diam selama berjam-jam bukanlah cara yang tepat untuk memberi tubuh Anda waktu istirahat yang memadai. Alih-alih duduk-duduk, libatkan diri Anda dalam kegiatan fisik yang benar seperti latihan tangan bebas, yoga atau meditasi. Ini akan membantu mengisi energi yang hilang lebih cepat dan merevitalisasi Anda untuk sesi lari putaran kedua.

2. Tetap memakai pakaian kotor untuk waktu yang lama

Ilustrasi (Pixabay)

Berlari melibatkan aktivitas fisik yang menghasilkan keringat. Keringat seperti yang kita ketahui mengandung kuman dan bakteri yang ketika bersentuhan dengan kulit manusia dapat menyebabkan kelembaban atau iritasi kulit. Lebih lanjut, bahkan dapat menyebabkan batuk dan pilek jika keringat dibiarkan mengering di tubuh. Karena itu, tetap memakai pakaian kotor setelah berlari dapat membahayakan kesehatan Anda. Mandi air hangat untuk membuat tubuh Anda terasa segar dan membasmi ancaman virus.

3. Tidak cukup minum air

Ilustrasi (Pixabay)

Sangat penting untuk memahami pentingnya air sebelum, selama, dan setelah menyelesaikan sesi berlari. Air adalah cairan utama yang membantu menjaga tubuh kita terhidrasi untuk rentang waktu yang lebih lama dan menghilangkan partikel beracun dari tubuh. Namun, setelah berlari ketika tubuh kekurangan energi, cairan adalah hal terpenting yang dibutuhkan. Ini akan mengisi energi Anda lebih cepat dan memberi tubuh waktu pemulihan yang memadai.

Baca juga: Sstt, Ternyata Berjalan Kaki Sehari 15 Menit Bisa Tingkatkan Ekonomi Global

4. Melakukan banyak kegiatan

Ilustrasi (Shutterstock)

Sebelum sesi lari jika Anda berpikir untuk melakukan terlalu banyak pekerjaan atau menikmati kegiatan fisik yang berat maka itu dapat merusak otot Anda yang masih dalam tahap pemulihan. Dianjurkan untuk melibatkan diri dalam kegiatan ringan seperti berjalan, melakukan pekerjaan rumah tangga ringan, dan sebagainya, agar tubuh Anda bugar dan aktif dan untuk mempertahankan energi.

5. Makan makanan tidak sehat

Ilustrasi (Pixabay)

Hanya karena Anda telah menyelesaikan sesi lari dan membakar cukup kalori, bukan berarti Anda bisa mendambakan makan junk food yang tidak sehat selama sisa hari itu. Untuk menenangkan rasa lapar Anda setelah berlari, penting untuk makan makanan sehat dan bergizi yang tidak hanya akan memicu pencernaan yang baik tetapi juga akan bermanfaat untuk ukuran pinggang Anda. Makan pizza atau burger akan merusak semua kerja keras yang Anda lakukan selama berlari dan selanjutnya akan menyebabkan kenaikan berat badan dan membuat Anda merasa lamban untuk sisa hari itu.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: