Efek Rumah Kaca Galang Dana untuk Manggung di SXSW 2018

Efek Rumah Kaca (Foto: Instagram/@sebelahmata_erk)Efek Rumah Kaca (Foto: Instagram/@sebelahmata_erk)

Pantau.com – Band indie Efek Rumah Kaca (ERK) bakal manggung di festival musik terbesar di dunia, South by Soutwest (SXSW) 2018 di Austin Convention Center, Texas, Amerika Serikat, pada 9-18 Maret 2018.

Namun, bukan perkara mudah bagi band yang telah berdiri 17 tahun itu bisa tampil di SXSW.

Masalah utama yang jadi kendala band yang digawangi Cholil (vokal), Adrian (gitar), Poppy (bass), dan Akbar (drum), pergi ke AS adalah masalah pendanaan.

Demi bisa terbang ke negeri Paman Sam, ERK melakukan penggalangan dana. Bahkan, sang vokalis Cholil yang menetap di New York, AS, harus pulang ke Indonesia untuk membantu pendanaan bersama bandnya.

Baca juga: Begini Persiapan Efek Rumah Kaca dan Kimokal Manggung di SXSW 2018

“Saat menerima kabar baik ini, kita keterima main di sana, terus kita meeting. Ini gimana nih? Perduitan penting nih perlu ditambahin. Cholil bilang, ‘Yaudah gua balik deh’. Akhirnya dia Cholil balik, kita bikin acara sendiri untuk penggalangan dana itu,” cerita Akbar ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2018).

Rencana ERK untuk mengadakan penggalangan dana ternyata mendapat respon positif. Mereka mendapatkan beberapa tawaran manggung di beberapa kota.

“Selama Cholil dua minggu pulang kita lempar aja isunya. Kita mau galang dana nih, dukung kita lah buat kita bisa ke South by Soutwest. Akhirnya ada beberapa gigs yang kita bisa perform selama kepulangan Cholil di Jakarta,” paparnya.

Meski sebetulnya Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) telah memberikan bantuan dana kepada beberapa delegasi Indonesia yang pergi ke SXSW, namun diakui Akbar dana tersebut belum cukup mendanai keperluan bandnya.

Baca juga: Ramai-ramai Selebriti Tanah Air Dukung Denada dan Anaknya

“Bekraf itu danai tiket, akomodasi, dan lain-lain gitu lah. Kita butuh juga dana segar lain untuk keperluan kita di sana,” tutur Akbar.

Akbar mengungkapkan tidak menargetkan jumlah penggalangan dana. Namun, ia dan bandnya berharap bisa mendapat sebanyak mungkin. 

“Karena kepulangan Cholil ke Jakarta hanya dua minggu, sampai sekarang sih baru 5-6 titik (konser). Kota-kotanya Palembang, Jakarta pasti, kalau nggak salah ada Bogor juga,” tutup Akbar.

Tim Pantau