Pantau Flash
Unjuk Rasa di AS Ricuh, 2 Warga Sipil Tewas, Toko Dijarah
Catat Rekor Kasus Baru Korona, Brazil Kawasan Terparah COVID-19
Gitaris Band Legendaris 'KISS', Bob Kulick Meninggal Dunia
Klub Sepakbola La Liga Spanyol Latihan Penuh Mulai 1 Juni 2020
Denda Akibat Pelanggaran PSBB di DKI Jakarta Sentuh Rp600 Juta

Fantastis! Ini 5 Pernikahan Paling Mahal Kaum Jetset di Dunia

Headline
Fantastis! Ini 5 Pernikahan Paling Mahal Kaum Jetset di Dunia Pangeran Charles dan Putri Diana. (Foto: Brunopress)

Pantau.com - Pernikahan merupakan upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang. Upacara pernikahan di dunia ini memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisinya masing-masing.

Pernikahan untuk segelintir orang yang berasal dari kalangan jetset tak akan segan untuk menggelar pesta dengan biaya ratusan miliar rupiah. Pernikahan mewah tersebut rata-rata berasal dari keluarga kerajaan. Namun, ada juga publik figur, hingga keluarga pebisnis.

Berikut 5 pernikahan dengan biaya paling fantastis di dunia. 

1. Khadija Uzhakhovs dan Said Gutseriev

Khadija Uzhakos. (Foto: the961)

Pernikahan putra konglomerat Rusia Said Gutseriev dengan Khadija Uzhakovs merupakan pernikahan bernilai miliaran dolar pada 2016. Keduanya menggelar pesta pernikahan yang digadang sebagai resepsi paling mahal dan megah sepanjang masa.

Baca juga: 5 Budaya Adat Indonesia dengan Biaya Nikah Termahal

Dalam pernikahan yang menelan biaya hingga 700 juta poundsterling atau setara Rp13 triliun itu menampilkan selebriti seperti Jennifer Lopez, Sting, dan Enrique Iglesias, serta gaun dengan hiasan mewah menjadikan beratnya hampir 30 pon atau 13,6 kg.

2. Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan dan Putri Salama

Pangeran Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan. (Foto: The Filipino Times)

Ayah dari Pangeran Abu Dhabi dilaporkan membangun khusus stadion berkapasitas 20.000 kursi untuk pernikahan selama tujuh hari sang anak, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan dengan Putri Salama pada 1981. Pembangunan ini menelan biaya USD22 juta.

Meski telah berlalu lebih dari tiga dekade, pesta pernikahan itu masih tercatat dalam Guiness Book of World Records sebagai pernikahan paling mahal di dunia dengan biaya yang dihabiskan mencapai USD100 juta.

3. Pangeran Charles dan Putri Diana

Pangeran Charles dan Putri Diana. (Foto: Brunopress)

Pangeran Charles yang usianya 33 tahun, menikahi Diana Spencer, anak dari bangsawan Britania: John Spencer (Earl Spencer ke-8) dan Frances Ruth Roche. Pesta perkawinan dilangsungkan di Katedral St. Paulus. Sebanyak 3.500 undangan menghadiri upacara sakral di gereja tersebut.

Tagihan kerajaan untuk "pernikahan abad ini' dilaporkan mencapi USD48 juta pada 1981, yang lebih dekat dengan USD70 juta jika menghitung inflasi hari ini.

Pernikahan keduanya menjadi peristiwa bersejarah dunia. Diana yang memakai gaun dari sutra taffeta dengan warna gading dilengkapi 10 ribu mutiara itu memukau masyarakat dunia. Harga gaun Putri Diana ditaksir mencapai 9.000 pound sterling atau setara dengan Rp152,3 juta --pada tahun 1981.

Baca juga: 5 Tips Agar Hubungan Kamu dan Pasangan Tidak Hambar

4. Pangeran Albert II dari Monaco dan Charlene Wittstock

Pangeran Albert II dan Charlene Wittstock. (Foto: Getty Images)

Pernikahan pada 1 Juli 2011 ini digambarkan sebagai pesta terbesar di Monako dalam 55 tahun, sejak Grace Kelly dan Prince Rainier III. 

Pangeran Albert II dari Monako yang memilih menikah dengan wanita yang bukan keturunan kerajaan, dilaporkan mencapai USD65-70 juta. Pangeran Albert II menikahi seorang atlet renang cantik asal Afrika Selatan, Charlene Wittstock. Pernikahan megah mereka digelar di Monte Carlo.

5. Vanisha Mittal dan Amit Bhatia

Vanisha Mittal dan Amit Bhatia. (Foto: Indian Celebrity)

Anak perempuan dari pengusaha baja miliarder Lakshmi Mittal, Vanisha Mittal, melangsungkan pernikahan dengan acara lima hari senilai USD60 juta pada 2005. Upacara pernikahan mereka diadakan di situs bersejarah abad ke-17 Chateau Veaux le Vicomte, di dekat Paris pada 2004.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: