Pantau Flash
Hasil Survei: Ahok Unggul Atasi Banjir-Macet Ketimbang Anies
Ahsan/Fajar Bawa Indonesia Juara Badminton Asia Team Championships 2020
Andre Rosiade Grebek Prostitusi Online, Gerindra: Itu Tidak Salah
5.518 SPBU Akan Dipasang Digital Nozzle
Menko Luhut Beberkan Upaya Indonesia Tekan Defisit Perdagangan

10 Film Indonesia Terbaik yang Harus Kamu Tonton Sekarang Juga

10 Film Indonesia Terbaik yang Harus Kamu Tonton Sekarang Juga Ada Apa dengan Cinta II (AADC II). (Foto: Primeworks Studio)

Pantau.com - Film Indonesia yang telah ada tidak bisa dikesampingkan, atau bahkan dipandang sebelah mata bahkan ada yang masuk kedalam daftar film indonesia terbaik lho. Karena apa, banyak dari film-film hebat tersebut dianggap legend. Dan yang pasti layak kamu tonton sekarang juga.

Daftar Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Berikut Pantau.com rangkum 10 film Indonesia terbaik sepanjang sejarah.

10. My Stupid Boss

film indonesia terbaik my stupid boss 2016

Poster film My Stupid Boss. (Foto: imdb)

My Stupid Boss merupakan sebuah film komedi Indonesia yang dirilis pada 19 Mei 2016 dan disutradarai oleh Upi Avianto. Film ini diadaptasikan dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Chaos@work. 

Film ini menjalani pengambilan gambar di Indonesia dan Malaysia. Film ini menjadi yang terlaris ketiga di Indonesia dengan 3 juta penonton.

9. Ada Apa Dengan Cinta 2 

film indonesia terbaik ada apa dengan cinta 2

Poster film Ada Apa Dengan Cinta 2. (Foto: imdb)

Ada Apa dengan Cinta? 2 adalah sebuah film Indonesia produksi Miles Productions yang merupakan sekuel dari Ada Apa dengan Cinta? yang rilis tahun 2002. 

Film ini tayang di Indonesia pada 28 April 2016.[1][2] Film ini masih dibintangi oleh pemeran film sebelumnya, termasuk Dian Sastrowardoyo sebagai Cinta dan Nicholas Saputra sebagai Rangga. Film ini berhasil meraih 3,6 juta penonton dan menjadi film Indonesia terlaris kedua tahun 2016. Selain itu kesuksesan ini juga melampaui pencapaian film pertamanya.

8. Ayat-Ayat Cinta 

film indonesia terbaik ayat ayat cinta

Poster film Ayat-ayat Cinta 2. (Foto: imdb)

Ayat Ayat Cinta adalah novel berbahasa Indonesia karangan Habiburrahman El Shirazy yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2004 melalui penerbit Basmala dan Republika. 

Baca juga: Film Hollywood Terbaik

Novel ini berisikan 418 halaman dan sukses menjadi salah satu novel fiksi terlaris di Indonesia yang dicetak sampai dengan 160 ribu eksemplar hanya dalam jangka waktu tiga tahun. Ayat Ayat Cinta juga merupakan pelopor karya sastra Islami yang sedang dalam masa kebangkitannya dewasa ini.

7. Danur 

film indonesia terbaik danur

Poster film Danur. (Foto: imdb)

Danur: I Can See Ghosts atau Ghost Danur: I Can See Them merupakan film horor Indonesia yang dirilis pada 30 Maret 2017 disutradarai oleh Awi Suryadi. 

Film ini diangkat dari buku karya Risa Saraswati, Gerbang Dialog Danur yang ditulis berdasarkan pengalamannya sendiri sebagai seorang gadis indigo. Film ini dibintangi oleh Prilly Latuconsina, Sandrinna Michelle, Shareefa Daanish, Indra Brotolaras, dan Kinaryosih.

6. Pengabdi Setan 

film indonesia terbaik pengabdi setan

Poster film Pengabdi Setan. (Foto: imdb)

Pengabdi Setan merupakan film horor Indonesia yang dirilis pada 28 September 2017, yang disutradarai dan ditulis oleh Joko Anwar. Film ini adalah pembuatan ulang dari film berjudul sama pada tahun 1980 silam.

5. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 (2016)

film indonesia terbaik warkop dki reborn jangkrik boss

Poster film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1. (Foto: imdb)

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 adalah sebuah film komedi Indonesia 2016 yang disutradarai oleh Anggy Umbara. Film tersebut merupakan adaptasi dari film-film Warkop DKI. Vino G Bastian, Tora Sudiro dan Abimana Aryasatya.

4. Cek Toko Sebelah 

film indonesia terbaik cek toko sebelah

Poster film Cek Toko Sebelah. (Foto: imdb)

Cek Toko Sebelah adalah film komedi Indonesia produksi Starvision Plus yang dirilis pada 28 Desember 2016 dan disutradari oleh Ernest Prakasa. 

Baca juga: Film Hot Indonesia

Ide cerita film ini dibuat berdasarkan pada realitas etnis Tionghoa saat anak beranjak dewasa, kuliah yang tinggi, mirisnya ujung-ujungnya bekerja di toko orang tuanya sendiri. Film ini ditulis oleh Ernest Prakasa dan Jenny Jusuf dengan pengembangan cerita dari Meira Anastasia.

3. Dilan

film indonesia terbaik dilan 2018

Poster film Dilan. (Foto: imdb)

Dilan 1990 merupakan film drama Indonesia tahun 2018. Film ini diangkat dari novel Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq dan dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla.

2. Habibie & Ainun (2012)

film indonesia terbaik habibie ainun 2012

Poster film Habibie & Ainun (Foto: imdb)

Habibie & Ainun adalah film drama biopik Indonesia yang dirilis pada tanggal 20 Desember 2012 yang dibintangi oleh Reza Rahardian, Bunga Citra Lestari, dan juga Tio Pakusadewo.

1. Laskar Pelangi

film indonesia terbaik laskar pelangi 2008

Poster film Laskar Pelangi. (Foto: imdb)

Laskar Pelangi (2008) adalah sebuah film garapan sutradara Riri Riza yang dirilis pada26 September 2008. Film Laskar Pelangi merupakan karya adaptasi dari buku Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata. Skenarionya ditulis oleh Salman Aristo yang juga menulis naskah film Ayat-Ayat Cinta dibantu oleh Riri Riza dan Mira Lesmana.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Ragam

Berita Terkait: