Galau Virus Korona Bikin Insomnia Jadi Akut? Jangan Ditambah 5 Makanan Ini

Ilustrasi fast food. (Foto: Pixabay)Ilustrasi fast food. (Foto: Pixabay)

Pantau.com – Insomnia atau sulit tidur merupakan gangguan umum yang menimpa banyak orang. Apalagi dengan adanya berita virus korona, yang membuat semakin galau. Tentu, pelampiasannya adalah makanan.

Beberapa makanan utama yang katanya bisa memicu insomnia merupakan berbahan dasarnya kafein, gula dan susu. 

Berikut beberapa makanan yang bisa menjadi penyebab utama insomnia:

1. Produk olahan susu

Produk susu mengandung susu tinggi lemak, dadih, keju dan butter yang sulit dicerna. Selain itu, makanan jenis ini bisa membuat kamu merasa kekenyangan yang akhirnya menyebabkan mulas sehingga kamu akan sulit tidur.

Baca juga: 8 Makanan yang Cocok untuk Naikkan Berat Badan

2. Makanan bergula

Kandungan gula yang tinggi bisa meningkatkan energi, hal ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan pola tidur. Makanan manis seperti kue, cokelat dan makanan penutup lainnya dapat menjadi penyebab utama yang membuat kamu kurang tidur di malam hari.

3. Makanan gas

Makanan yang memproduksi gas dan maag bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman. Jika kamu ingin tidur nyenyak, jauhi makanan pedas dan yang memproduksi gas seperti kacang polong, kacang-kacangan, dan brokoli.

Baca juga: Infografis Penyebab Insomnia Kronis yang Terkadang Disepelekan

4. Makanan cepat saji

Makanan fast food merupakan jenis makanan yang tanpa diragukan lagi berpotensi menyebabkan insomnia. Makanan ini tak hanya tinggi lemaknya tapi juga pedas.

5. Makanan berprotein tinggi

Makanan yang kaya protein, terutama daging merah yang sulit dicerna dapat menghambat produksi serotonin, yang membuat kamu terjaga sepanjang malam.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta