Pantau Flash
Pijat Plus-plus di Bandung: Muncikari Dapat Rp550 Ribu, Terapis Cuma Cepek
Menparekraf Bertemu Menkominfo Bahas Infrastruktur Telekomunikasi di 5 DSP
Di Depan DPR, Gus Menteri Beberkan Program Prioritas Pembangunan Desa
Lantik PAW Anggota MPR RI, Bamsoet Ingatkan Pentingnya PPHN
Di Tengah Hujan Lebat, Presiden Joko Widodo Tinjau Banjir di Kabupaten Banjar

Gatal Ketombe Menggangu? 5 Bahan Sederhana Ini Mujarab Banget

Gatal Ketombe Menggangu? 5 Bahan Sederhana Ini Mujarab Banget Ilustrasi kepala gatal (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Ketombe mungkin adalah hasil dari kulit kepala yang kering atau kondisi kulir yang disebut seborrheic dermatitis. Ketombe juga bisa disebabkan oleh eksim, psoriasis, atau jamur yang disebut malassezia.

Berbagai produk termasuk shampo anti ketombe menjadi salah satu pilihan. Namun ternyata, bahan-bahan sederhana di bawah ini mampu mengatasi ketombe yang sangat mengganggu. Apa saja bahan itu? 

Berikut Pantau.com rangkum 5 bahan untuk mengatasi ketombe dari rd.com.

1. Aspirin


Aspirin. (Foto: Kellyreekolibry/iStcok)

Aspirin mengandung bahan aktif yang sama, yakni asam salisilat, yang digunakan pada produk shampo anti ketombe. Untuk menggunakannya, haluskan dua butir aspirin dan menambahkannya ke shampo yang akan digunakan. Diamkan selama satu hingga dua menit, kemudian bilas dengan air bersih dan shampo tanpa campuran aspirin.

Baca juga: Gonta-Ganti Sampo Bikin Ketombean dan Rambut Rontok? Ini Kata Pakar

2. Minyak pohon teh


Ilustrasi minyak pohon teh. (Foto: Temmuz Can Arsiray/iStock)

Satu studi menunjukkan bahwa shampo dengan 5 persen minyak pohon teh secara signifikan mampu mengatasi ketombe. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh untuk sampo favorit Anda saat mencuci rambut dengan normal.

3. Baking Soda


Baking soda. (Foto: Christopher Stokey/Shutterstock)

Bahan-bahan sederhana di dapur Anda bisa menjadi salah satu solusi mengatasi ketombe, yakni baking soda. Caranya, basahkan rambut Anda kemudian gosok rambut dengan baking soda. Setelah itu bilas rambut dengan air bersih.

Baca juga: Sering Pakai Helm? Begini Agar Terhindar dari Ketombe

Baking soda dapat mengurangi jamur aktif yang dapat menyebabkan ketombe. Rambut Anda mungkin akan kering pada awalnya, tapi setelah beberapa minggu, kulit kepala Anda akan mulai memproduksi minyak alami, serta membuat rambut Anda lebih lembut dan bebas dari ketombe.

4. Cuka Apel


Cuka apel. (Foto: Fotografiabasica/iStock)

Dr. Mehmet Oz mengatakan bahwa ketombe dapat diatasi dengan cuka apel. Hal tersebut karena keasaman pada cuka apel dapat merubah pH kulit kepala. 

Campur seperempat cangkir cuka apel dengan seperempat air dalam botol, kemudian semprot ke kulit kepala. Tutup kepala Anda dengan handuk selama 15 menit sampai satu jam, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan ini dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

5. Obat Kumur


Obat kumur. (Foto: Tab1962/Shutterstock)

Untuk mengobati ketombe yang memburuk, cuci rambut anda dengan shampo biasa, kemudian bilas dengan obat kumur yang berbasis alkohol. Kemudian diikuti dengan kondisioner. Sifat anti jamur pada obat kumur dapat membantu mencegah ketombe.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW