Begini Cara Generasi Zaman Now Cegah Badak Sumatera Punah

Pameran 'Seni Badak Sumatera: Harta Karun Tersembunyi Indonesia' (Foto: Lilis/Pantau.com)Pameran 'Seni Badak Sumatera: Harta Karun Tersembunyi Indonesia' (Foto: Lilis/Pantau.com)

Pantau.com – Sudah menjadi rahasia umum kalau badak adalah salah satu spesies yang paling terancam punah. Di dunia ini hanya ada lima spesies badak, dan dua di antaranya berasal dari Indonesia, yaitu badak Jawa dan Jawa Sumatera.


Namun dengan jumlah populasinya yang diperkirakan kurang dari 100 ekor, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menjadikan badak Sumatera sebagai salah satu hewan yang paling terancam punah.


Sebagai bentuk kampanye untuk mengajak masyarakat Indonesia peduli pada persoalan tersebut, Kementerian yang dikepalai oleh Siti Nurbaya Bakar itu bekerjasama dengan Tim Badak membuat pameran ‘Seni Badak Sumatera: Harta Karun Tersembunyi Indonesia’ di Perpustakaan Nasional. 


“Badak Sumatera merupakan bagian dari warisan biologis Indonesia dan harus dipertahakan untuk generasi mendatang. Generasi muda Indonesia pada akhirnya akan memiliki tanggungjawab untuk menyelamatkan bukan hanya Badak, tapi juga keanekaragaman hayati Indonesia yang kaya,” kata Menteri LH dan Kehutanan RI Siti Nurbaya, Jumat (19/1/2018).


Baca Juga: 9 Makanan Ini Bisa Bersihkan dan Putihkan Gigi Kamu, Apa Saja?


Menurut Siti, pameran seni menjadi salah satu cara paling tepat untuk menyelamatkan keanekaragaman hayati. Karena dengan begitu orang-orang yang berasal dari latar belakang, budaya dan organisasi yang berbeda-beda bisa ikut berkontribusi. 


Kesempatan seperti itu juga tidak dilewatkan oleh Ketua Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) Marcella Zalianty untuk hadir ke pameran. 


Menurut artis cantik itu, terancamnya badak sumatera dari kepunahan menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat. Namun ia punya cara sederhana untuk bisa meningkatkan kepedulian terhadap hal tersebut.


“Kita bisa meningkatkan awareness dengan cara sederhana, misalnya dengan melakukan kampanye, menyebar luaskan lewat akun sosial media,” ucap kaka kandung aktris Olivia Zalianty itu di Perpustakaan Nasional RI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta. 


Tak hanya pameran lukisan, acara yang dilaksanakan sejak 19-21 Januari 2018 itu juga menghadirkan kegiatan-kegiatan lain seperti mendongeng untuk anak-anak dan pemutaran dokumenter pada hari kedua.


Baca Juga: Wajib Tahu, Ternyata 9 Buah Ini Mujarab Cegah Kanker

Tim Pantau
Editor
Tommy Adi Wibowo