Pantau Flash
Perusahaan Asuransi Mendata Klaim Banjir Jakarta
Kapal Berkecepatan 40 Knot Disiagakan TNI di Pulau Sebaru Jaga WNI
Yasonna Sebut Telah Kantongi Nama Dirjen PAS Baru
Mahfud MD: Tidak Ada Kontradiksi Agama dan Pancasila!
Wakil Presiden Iran Masoumeh Ebtekar Positif Terinfeksi Korona

Habis Bertengkar? Ini 5 Cara Berbaikan dengan Pasanganmu

Habis Bertengkar? Ini 5 Cara Berbaikan dengan Pasanganmu Ilustrasi berdamai (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Banyak yang mengatakan kesalahpahaman adalah bumbu dan dinamika dari kehidupan. Begitupun saat bertengkar dengan pasangan yang disebut sebagai bumbu hubungan percintaan agar semakin kokoh dan saling belajar. 

Tapi tidak sedikit juga yang merasa khawatir saat pertengkaran selalu berulang, bahkan menjadi rutinitas. Lalu, bagaimana cara berbaikan dengan pasangan agar kembali harmonis dan tidak mengancam hubungan?

1. Jangan bentuk tembok dinding


Ilustrasi kekasih (Foto: Pixabay)

Saat situasi tidak kondusif, cobalah untuk tidak membentuk tembok tinggi dengan saling diam dan memutus hubungan. Cobalah mulai perhatian, berempati dan peka terhadap pasangan, bukalah komunikasi, karena saat sebuah tembok terbentuk maka akan berakibat pada keterputusaasaan di antara keduanya.

Baca juga: Catat... Ini Kunci Membuat Asmaramu dengan Pasangan Tetap Langgeng

2. Sadari bahwa sama-sama terluka


Ilustrasi bertengkar (Foto: Pixabay)

Membuka komunikasi setelah bertengkar hebat memang bukan proses yang mudah, perlu kerjasama berdua dan saling ingin untuk sama-sama memperbaiki hubungan. Sadari masalah ini menyakiti kedua-duanya, tidak egois dan merasa tersakiti sendiri.

3. Bersikap terbuka


Ilustrasi kekasih (Foto: Pixabay)

Setelah mampu berdamai dengan emosi dan perasaan yang tersakiti, coba bicarakan apa yang dirasakan tanpa emosi dan bicara dengan tenang. Coba duduk bersama sambil bersantai dan berbicara dengan ringan dan lepas, tentang masalah yang dihadapi dan bagaimana cara mengatasinya. Jangan lupa jujur saat menumpahkan pemikiran.

4. Jangan tunggu masalah menumpuk


Ilustrasi kekasih (Foto: Pixabay)

Seumpama balon karet, meskipun elastis ia juga memiliki batas kapasitas. Begitupun dalam suatu hubungan saat masalah sepele dibiarkan terus menerus, itu akan menumpuk dan tinggal tunggu waktu untuk meledak hanya berbekal sumbu kecil.

Cobalah bicarakan dan selesaikan setiap masalah kecil yang timbul, sehingga tidak membesar dan menimbulkan efek berbahaya yang mengancam hubungan.

Baca juga: 5 Tanda Pasanganmu adalah Orang yang Setia, Coba Cek Deh!

5. Bersiaplah untuk mendengar


Ilustrasi berdiskusi (Foto: Pixabay)

Setelah mengeluarkan perasaan dan berbicara terbuka panjang lebar kepada pasangan, maka biarkan pasanganmu yang kali ini mengutarakan perasaannya, dengarkan dengan seksama dan pahami.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Dini Afrianti Efendi
Category
Ragam

Berita Terkait: