Pantau Flash
Erick Thohir Ganti Dirut PT Pembangunan Perumahan
Doni Monardo Sebut Akan Ada Standarisasi Harga Tes PCR
Gempa M 7,1 Maluku Utara Akibat Subduksi Lempeng Laut Filipina
Seorang Pemain Tottenham Hotspur Positif Terinfeksi COVID-19
Pemerintah Segera Bayar Dana Kompensasi kepada PLN dan Pertamina

Hati-hati... 5 Negara Ini Bahaya Banget Buat Cewek Solo Traveling

Hati-hati... 5 Negara Ini Bahaya Banget Buat Cewek Solo Traveling Ilustrasi solo traveling. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Solo traveling mungkin menjadi suatu tantangan tersendiri, khususnya untuk para perempuan.

Faktor keamanan, seperti kekerasan seksual, diskriminasi hukum, kesenjangan gender global, ketidaksetaraan gender, hingga kekerasan terhadap sikap perempuan menjadi hal yang sangat penting diperhatikan untuk solo traveling.

Berikut lima negara paling berbahaya untuk perempuan dalam solo traveling menurut travel bloggers Asher dan Lyric Ferguseon yang bersumber dari Gallup World Poll, UN Women, Georgetown Institute, dan World Economic Form, dikutip Insider.

1. Afrika Selatan


Cape Town, South Africa. (Foto: Michaeljung/Shutterstock)

Afrika Selatan berada di posisi teratas negara yang tidak dianjurkan untuk para perempuan dalam solo traveling. Afrika Selatan memiliki indeks keamanan terburuk untuk berjalan sendirian di malam hari.

25 persen perempuan Afrika Selatan melaporkan bahwa mereka merasa aman berjalan sendirian di siang hari. Negara ini juga memiliki tingkat terburuk pembunuhan yang di sengaja. Sekitar 23 persen perempuan telah melaporkan mengalami kekerasan seksual, yang merupakan presentase tertinggi dari semua negara. 

Baca juga: Trik Tampil Cantik untuk Kamu Wanita Sibuk

2. Rio de Janeiro


Rio de Janeiro. (Foto: Rio de Janeiro, Brazil. Barichivich/iStock)

Adalah salah satu tempat yang paling menyenangkan untuk dikunjungi, tetapi tidak aman untuk perempuan yang melakukan solo traveling. 

Hanya 28 persen perempuan di Brasil yang merasa aman berjalan sendirian di malam hari, persentase kedua terendah dalam indeks. Brasil juga berada di tingkat ketiga terburuk pada kasus pembunuhan disengaja terhadap perempuan.

3. Rusia


Red Square di Moscow, Russia. (Foto: Shutterstock)

Rusia merupakan rumah bagi sejumlah bangunan dengan arsitektur kota yang menakjubkan, tetapi perempuan tidak disarankan untuk melakukan perjalanan sendiri.

Tingkat pembunuhan terhadap perempuan di negara itu ini duduk di posisi kedua, dan berada di posisi kesembilan untuk diskiriminasi hukum terhadap perempuan.

Baca juga: Hai Cewek, Ini Tips Solo Traveling yang Aman Buat Kamu

4. Meksiko


Cancun, Mexico. (Foto: Sandra Duarte/EyeEm/Getty Images)

Meksiko merupakan salah satu tempat yang sangat populer untuk berlibur di wilayah tropis, tapi itu bukan tempat yang aman bagi perempuan untuk bepergian sendiri.

Meksiko memiliki presentase terburuk keempat di mana hanya 33 persen perempuan melaporkan bahwa mereka merasa aman berjalan sendiri di malam hari. Meksiko juga berada di posisi keempat untuk kasus pembunuhan disengaja pada perempuan, dengan presentase kekerasan seksual mencapai 16 persen.

5. Iran


Tehran, Iran. (Foto: Toiletroom/Shutterstock)

Perempuan sangat tidak disarankan untuk melakukan perjalanan sendiri saat malam hari di negara ini. Negara ini menempati posisi ketiga dalam diskriminasi hukum terhadap perempuan.

Selain itu, Iran juga menempati posisi tertinggi untuk masalah kesenjangan gender, dan empat terburuk dalam kasus ketidaksetaraan gender.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: