Heboh Video Anak Dinosaurus Berkeliaran, Cek Faktanya

Headline
Beredar video yang memperlihatkan hewan seperti dinosaurus kecil tengah berjalan melewati genangan air. (turnbackhoax.id)

Pantau – Beredar video yang memperlihatkan hewan seperti dinosaurus kecil tengah berjalan melewati genangan air. Video itu diposting oleh akun @ZombieAviator.

Dalam keterangannya, @ZombieAviator memberikan narasi bahwa hewan tersebut adalah dinosaurus.

Narasi:

Dinosaurs born again!!!

*video hewan menyerupai dinosaurus berjalan melewati genangan air

Penjelasan

Setelah dilakukan penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, Jumat (20/5/2022), hewan tersebut bukanlah dinosaurus, melainkan hewan coati. Video diedit dengan durasi mundur sehingga tampak ekornya yg berjalan dan menyerupai leher panjang dinosaurus.

Dilansir dari India Today, saat menelusuri lewat pencarian YouTube dengan kata kunci “coatis in reverse”, ditemukan sebuah video berjudul “Coatis in Reverse with Jurassic Park Theme”. Video diupload pada tahun 2019, memperlihatkan segerombol hewan coatis yang berjalan dengan editan video mundur. Coatis tersebut nampak seperti dinosaurus, karena ekor coatis yang membentuk seperti leher dinosaurus.

Kesimpulan

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim @ZombieAviator adalah tidak benar dan termasuk kategori konteks yang salah.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan