Hernia pada Bayi Lesty dan Rizky Billar. Apa Gejala dan Penyebabnya?

Headline
Ilustrasi Hernia Pada Anak . Foto : (Freepik)

Pantau – Anak Lesty dan Rizky Billar baru saja menjalani operasi Hernia atau banyak yang mengenal dengan istilah ‘turun berok’. Ada baiknya sebagai orang tua baru mengetahui jenis-jenis Hernia yang bisa terjadi pada bayi. Terdapat dua jenis Hernia yaitu, yaitu Hernia Inguinalis dan Umbilikalis.

Hernia Inguinalis terjadi ketika ada benjolan pada selangkangan atau area di dekat kemaluan. Sedangkan Hernia Umbilikalis terjadi ketika bagian dari usus menonjol melalui lubang di otot perut di dekat pusar. Hernia umbilikalis sering terjadi dan biasanya tidak berbahaya.

Mengutip dari laman webmd, Hernia Umbilikalis paling sering terjadi pada bayi, tetapi juga dapat menyerang orang dewasa.

Pada bayi, Hernia Umbilikalis dapat terlihat jelas ketika bayi menangis, menyebabkan pusar menonjol. Ini adalah tanda klasik Hernia Umbilikalis. Hernia Umbilikalis anak sering menutup dengan sendirinya dalam dua tahun pertama kehidupan, meskipun beberapa tetap terbuka hingga tahun kelima atau lebih.

Hernia umbilikalis yang muncul selama masa dewasa lebih mungkin membutuhkan perbaikan bedah.

Gejala

Hernia Umbilikalis menciptakan pembengkakan atau tonjolan lunak di dekat pusar. Pada bayi yang menderita Hernia Umbilikalis, tonjolan tersebut mungkin hanya terlihat saat mereka menangis, batuk, atau mengejan.

Penyebab

Pada akhirnya, semua Hernia disebabkan oleh kombinasi tekanan dan pembukaan atau kelemahan otot, tekanan mendorong organ atau jaringan. Terkadang kelemahan otot muncul saat lahir. Apa pun yang menyebabkan peningkatan tekanan di perut dapat menyebabkan Hernia, termasuk mengangkat benda berat tanpa menstabilkan otot perut, diare atau sembelit serta batuk atau bersin terus-menerus.

Tim Pantau
Editor
Annisa Indri Lestari