Pantau Flash
Menteri Edhy Bertolak ke Australia Bahas Budidaya Lobster
Arab Saudi Berhentikan Sementara Pelayanan Umrah Gara-gara Korona
'Wanita Bisa Hamil di Kolam Renang' Jadi Sorotan Media Internasional
Bayern Munchen Rilis Jersey Khusus Peringati Hari Jadi ke-120
Stadion Klabat Jadi Kandang Persipura di Liga 1 Musim 2020

Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Ini Dia 5 Hantu Khas Kalimantan yang Menyeramkan

Headline
Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Ini Dia 5 Hantu Khas Kalimantan yang Menyeramkan Kuyang (Foto: Kaliandanews)

Pantau.com - Ibu kota negara Indonesia akan segera berpindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur pada lima tahun mendatang atau tepatnya tahun 2024. Presiden Joko Widodo telah berujar, nantinya lokasi ibu kota baru ada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara. 

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara di Kalimantan Timur, " kata Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2019).

Baca juga: Jokowi: Ibu Kota Indonesia Pindah ke Kalimantan Timur

Tapi tahukah kamu wahai Sobat Pantau, di Kalimantan ternyata tak selamanya tenang. Selain potensi gempa dan banjir, juga ada hantu-hantu khas yang dikenal dari Pulau Kalimantan.

Apa saja itu? Ini dia 5 hantu khas Pulau Kalimantan:

1. Kuyang

Kuyang dipercaya masyarakat Kalimantan sebagai jelmaan seorang wanita yang mendalami ilmu hitam. Konon kabarnya, wanita itu ingin selalu tampil cantik. Untuk mendapat kecantikannya, ia harus melewati proses mengerikan, seperti meminum darah sisa orang yang usai melahirkan.

Dalam wujudnya, kuyang berbentuk kepala manusia dan hanya organ dalamnya saja, tanpa tubuh. Masyarakat setempat meyakini untuk menangkal kuyang diperlukan cermin, sisir, dan pisau di dekat orang yang akan melahirkan.

2. Takau 

Takau dikisahkan sebagai makhluk terkuat dan bisa mengubah tubuhnya menjadi bermacam-macam bentuk. Makhluk ini gemar sekali menggoda manusia, dengan berubah bentuk jadi berbagai macam, salah satunya kucing. Takau dikabarkan merupakan hantu yang berilmu paling tinggi.

3 . Anak Sima

Dari mitos yang beredar, anak sima berasal dari anak kapang (anak terlahir dari hubungan tidak sah), karena merupakan anak hubungan gelap maka ibu sang bayi membuangnya ke dalam hutan lebat setelah dilahirkan, untuk membuang rasa malu. 

Bayi yang baru lahir ini menangis sejadi-jadinya, dan kemudian dihampiri oleh Takau dan dipelihara.

Karena diurus oleh Takau yang berilmu tinggi, anak sima pun dikisahkan memiliki ilmu yang tinggi pula. Dia akan menjelma jadi bayi yang kerap menangis. Ketika orang-orang kasihan lalu memangkunya, anak sima akan langsung memakan jantungnya.

Baca juga: 7 Hal yang Terjadi pada Jakarta Jika Tak Lagi Jadi Ibu Kota Indonesia

4. Mariaban

Mariaban adalah makhluk berubuh besar dan berwarna merah darah. Konon, Mariaban adalah hantu yang tinggal di daerah pedalaman. Meski sekilas menakutkan, tapi banyak orang yang mencari bulunya untuk digunakan sebagai pemikat lawan jenis.

5. Rabing

Warga Kalimantan juga memercayai jika ada hantu yang mendiami sungai-sungai. Hantu yang biasa disebut rabing itu biasanya menyerupai tikar yang ada di dalam air.  Terkadang Rabing juga kerap digambarkan sebagai makhluk yang mirip dengan penyu sungai yang cangkangnya lunak.

Masyarakat setempat percaya, rabing akan menggulung orang yang sedang berenang hingga mati lemas.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - TIH
Category
Ragam

Berita Terkait: