Ide Hampers Lebaran Ramah Lingkungan

Headline
(Foto: Ilustrasi/Antara/Pexels)(Foto: Ilustrasi/Antara/Pexels)

Pantau.com – Bagi sebagian orang, berbagi hampers atau bingkisan menjadi salah satu tradisi yang sering dilakukan saat bulan Ramadan, terutama menjelang lebaran.

Sayangnya, tak jarang komponen yang ada di dalam hampers justru menjadi sampah yang sulit terurai sehingga berpengaruh buruk terhadap lingkungan.

Untuk itu, jenama kecantikan The Body Shop meluncurkan kampanye “Share More Kindness with The Body Shop Green Ramadan” dengan menghadirkan berbagai pilihan hampers yang lebih personal dalam paket Create Your Own Gift, menggunakan kemasan dari bahan yang dapat dipakai berulang.

“Makna dari sebuah hadiah atau gift bukan hanya dari bentuk fisiknya, namun bagaimana mengartikan makna itu secara lebih mendalam, yaitu memberikan kebahagiaan serta berkontribusi terhadap semesta dengan menjaga keberlanjutannya,” kata CEO The Body Shop Indonesia Aryo Widiwardhono saat acara virtual pada Jumat.

“Selain kehadiran fisik, hantaran selalu menyertai momen besar seperti Idul Fitri. Dalam mewujudkan hal ini, The Body Shop Indonesia ingin mengajak untuk memulai aksi nyata berbagi hantaran dengan personalized hampers, yang kemasannya terbuat dari bahan ramah lingkungan,” lanjut dia.

Adapun hal yang paling unik dari paket tersebut adalah kartu ucapan yang terbuat dari kertas benih sehingga dapat ditanam.

“Ini kartu ucapan tapi bisa menjadi benih, ditanam, dengan harapan bisa memberikan kontribusi untuk semesta kita bertumbuh hijau dan lestari,” imbuh Aryo.

Head of Values, Community & PR The Body Shop Indonesia Ratu Ommaya menambahkan, The Body Shop memang konsisten mengusung konsep sustainability beauty brand. Setiap tahun, Ratu mengatakan pihaknya terus menghadirkan hal-hal baru untuk mengajak konsumen menjaga kelestarian alam.

“Dalam bentuk komitmen ini, kita selalu memikirkan apalagi ya, setelah tahun-tahun sebelumnya memang sudah punya hampers yang sustainable karena box-nya berasal dari recycle paper. Tahun ini, kita berpikir ada satu hal komponen dalam gift yaitu kartu ucapan yang kadang bisa jadi sampah, akhirnya kita melihat ada plantable greeting cards,” tutur Ratu.

“Jadi mudah-mudahan, gift yang diberikan oleh The Body Shop itu tidak ada sesuatu yang terbuang menjadi sampah,” lanjut dia.

Koleksi hampers The Body Shop tersedia mulai dari harga Rp79.000 hingga Rp1.239.000 dan dapat dibeli di store terdekat, website resmi The Body Shop, aplikasi, dan WhatsApp selama periode 24 Maret-18 Mei 2022.

“(Hampers) bisa dibeli langsung atau kirim ke siapapun, di kota manapun, tempat orang yang ingin diberikan hampers,” pungkas Ratu.

Untuk memperkuat komitmen dalam hal berbagi dan menjaga alam, The Body Shop juga bermitra dengan Taman Bacaan Pelangi untuk membangun perpustakaan yang mengusung konsep green library di Makassar, Lombok, dan Kupang. Tujuannya, untuk meningkatkan literasi dan kepedulian terhadap kehidupan yang berkelanjutan sejak dini pada anak.

Konsumen dapat berpartisipasi dalam program tersebut dengan berdonasi uang tunai maupun mengembalikan kemasan botol bekas di seluruh store The Body Shop.

Baca juga: Puasa Bukan Alasan Mager, Ini Tips Olahraga saat Berpuasa Ramadan

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara