Pantau Flash
Anies Kembali Perpanjang PSBB Transisi Jakarta untuk ke-4 Kalinya
Seluruh Peserta Sidang Tahunan MPR RI Wajib Melakukan Swab Test
Kadisparekraf DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia Tutup Usia
Subsidi Bunga KUR 6 Persen Diperpanjang hingga Desember 2020
Kantor Pusat BMKG Lockdown Usai 31 Karyawan Reaktif COVID-19

IdeaFest 2019 Bertemakan 'Age of Pride' Momentum Kebanggaan Indonesia

IdeaFest 2019 Bertemakan 'Age of Pride' Momentum Kebanggaan Indonesia IdeaFest 2019. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - IdeaFest, festival kreatif terbesar di Indonesia, kembali hadir menjawab kebutuhan para insan kreatif untuk berbagi ide, inspirasi, dan melakukan kolaborasi. Di tahun kedelapan ini, IdeaFest membawa tema 'Age of Pride' sebagai momentum deklarasi semangat #KebanggaanIndonesia dalam melahirkan karya, inovasi, pikiran, dan ide untuk membawa Indonesia ke tingkat lebih tinggi di seluruh penjuru dunia. 

IdeaFest 2019, sebuah persembahan dari SAMARA Live akan digelar selama 4 hari, mulai dari tanggal 3 hingga 6 Oktober 2019 di JCC Senayan, Jakarta dan diisi dengan rangkaian kegiatan menarik seperti Conference, IdeaTalks, IdeaXperience: Art Spaces, O2O Market, 10th SATU Indonesia Awards 2019, serta dua program baru 'IdeaFest FoodX' dan 'IdeaFest Comedy'.

Baca juga: The 90's Festival Tahun Ini Lebih Spesial, Ada Aqua Hingga Boneka Suzan

“Pertumbuhan industri kreatif kian positif mendorong munculnya sumber daya manusia unggul yang sukses mengharumkan nama Indonesia, seperti Rich Brian, Nadiem Makarim, Iko Uwais, Joey Alexander, Joe Taslim, hingga Ria Papermoon, membuat kami melihat sekarang adalah era kita bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Rasa bangga inilah yang menginspirasi lahirnya Age of Pride, sebagai tema besar IdeaFest tahun ini. Melalui IdeaFest, kami ingin mengajak masyarakat untuk berkolaborasi mencari dan mengangkat cerita-cerita kebanggaan anak bangsa melalui gerakan bertagar #KebanggaanIndonesia. Dengan dimulainya gerakan ini, kami yakin akan lebih banyak lagi nama baru yang akan membawa Indonesia ke puncak tertinggi di seluruh belahan dunia,” jelas Co-Chairman IdeaFest, Ben Soebiakto.

Semangat yang sama akan penyelenggaraan IdeaFest 2019 juga dipaparkan oleh Andi Sadha selaku CoChairman IdeaFest 2019. 

“Antusiasme para insan kreatif yang hadir pada gelaran IdeaFest di tahun-tahun sebelumnya menjadi motivasi bagi kami untuk menghadirkan konsep dan nama-nama inspiratif lainnya. Bersama dengan Braintrust, kelompok kurator konten kreatif, kami menyeleksi sederet nama yang akan tampil pada gelaran IdeaFest tahun ini, baik dari dalam dan luar negeri, seperti Gina S. Noer, Joko Anwar, Dian Sastro, Daniel Mananta, hingga Kevindra Soemantri. Untuk menambah semarak gelaran IdeaFest 2019, kami juga menambahkan program baru yaitu IdeaFest FoodX dan IdeaFest Comedy,” jelasnya.

IdeaFest 2019 juga mendapatkan dukungan penuh dari partner, antara lain Astra, Blibli.com, Samsung, dan Indofood.

“Tema IdeaFest 2019 sejalan dengan tujuan Astra untuk menjadi 'Pride of The Nation'. Kamipun juga merasa bangga bahwa banyak sekali pemuda yang memperjuangkan hal baik bagi sekitarnya tanpa memikirkan diri mereka sendiri. Program SATU Indonesia Awards hadir di IdeaFest untuk memberikan penghargaan bagi mereka yang bekerja tanpa lelah di dalam gelap. Kami berharap, melalui program ini, akan ada semakin banyak anak muda Indonesia yang muncul dengan gebrakan-gebrakan positifnya, membuat perubahan bagi Indonesia,” papar Presiden Direktur Astra, Prijono Sugiarto.

"Kami sangat mendukung tema yang diusung oleh IdeaFest 2019. Dengan spirit 'Powering The Nation', Galaxy Note 10 memang didesain untuk memberikan kesempatan bagi para powerful generation untuk menciptakan lebih banyak hal dan memudahkan mereka berkreasi dengan beragam fitur teknologi yang menunjang produktivitas sekaligus passion mereka. Kami ingin mendorong generasi powerful ini untuk melakukan apa yang tidak dapat dilakukan Indonesia atau 'Do What Indonesia Can't'. Galaxy Note 10 adalah penunjang generasi muda Indonesia untuk berkarya dan membanggakan negeri di #AgeOfPride ini,” sebagaimana disampaikan Elvira Jakub, Marketing Director Mobile & IT Samsung Indonesia.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Fierman Authar selaku Head of Consumer Engagement, Corporate Marketing PT Indofood CBP Sukses Makmur. 

“Indofood melalui Indomie, Pop Mie, Indomilk, dan Chitato ikut mendukung IdeaFest 2019. Sejalan dengan tema IdeaFest tahun ini yaitu 'Age of Pride', Indofood bangga telah menemani keluarga Indonesia dari generasi ke generasi. Indofood akan menghadirkan area khusus di IdeaXperience di mana pengunjung bisa mendapat pengalaman menarik dalam berinteraksi dengan produk Indofood.”

Semangat kebanggaan Indonesia juga diusung oleh Blibli.com.

“IdeaFest adalah ajang besar bagi insaninsan kreatif Indonesia untuk saling berbagi inspirasi dan pengetahuan. Sebagai e-commerce lokal yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pertumbuhan usaha creativepreneur dan produk lokal, penting bagi Blibli.com hadir di IdeaFest untuk mendorong pelaku ekonomi kreatif semakin dikenal melalui inisiatif yang akan diperkenalkan melalui ajang ini,” tutur Yolanda Nainggolan, Head of Public Relations Blibli.com.

Baca juga: The Power of Media Sosial... Ini 5 Tagar yang Mengubah Dunia

IdeaFest adalah persembahan istimewa dari SAMARA Live, yang memiliki misi menghadirkan experiential events untuk generasi muda .  

“IdeaFest dari tahun ke tahun semakin menjadi referensi untuk industri kreatif Indonesia, dan bahkan sudah mulai mencapai skala internasional, terlihat dari mulai adanya peserta dari negara-negara tetangga. Setelah sukses membangun IdeaFest, dan melihat pentingnya 'experience', yang sudah menjadi suatu kebutuhan untuk generasi muda - para penggerak IdeaFest pun menggagas ide untuk membentuk Samara Live, promotor event yang merupakan bagian dari Samara Media & Entertainment Group, untuk menghadirkan pengalaman festival yang berbeda di berbagai bidang. Selain IdeaFest, Samara Live juga telah sukses menyelenggarakan Wonderfest di bulan Juni lalu, dan akan hadir dengan Jakarta Halal Things di akhir tahun ini, ” tutup Desy Bachir selaku Chief Marketing Officer Samara Media & Entertainment.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty