Iko Uwais Diperiksa Hari Ini, Polisi Tetapkan Tersangka?

Headline
Iko Uwais (Foto: Instagram/@iko.uwais)Iko Uwais (Foto: Instagram/@iko.uwais)

Pantau – Kasus dugaan pengeroyokan terhadap seorang pria bernama Rudi oleh aktor laga Iko Uwais terus berjalan. Saat ini sudah masuk tahap penyidikan.

Suami penyanyi Audy Item itu kembali akan diperiksa Mapolres Metro Bekasi Kota, hari ini, Sabtu (25/6/2022).

“Kita jadwalkan hari Sabtu (hari ini),” ujar Kasat Reskrim Polres Metro bekasi Kota, Kompol Ivan Adhitya.

Dengan naiknya perkara ke tahap penyidikan, maka hampir dipastikan ada pihak yang ditetapkan sebagai tersangka. Menurut Ivan, pemeriksaan terhadap Iko adalah mekanisme sebelum menetapkan seseorang sebagai tersangka.

“Terlapor akan kita panggil lagi sebagai saksi untuk mengukuhkan berita acara pemeriksaan karena memang itu mekanismenya,” jelasnya.

Dalam kasus ini sudah enam saksi diperiksa. Sedangkan dokter yang melakukan visum terhadap korban nanti akan dimintai keterangannya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, mengatakan apabila nantinya Iko Uwais resmi dijadikan tersangka, maka laporannya di Polda Metro terkait pencemaran nama baik tidak bisa dilanjutkan.

Iko Uwais dipolisikan

Sebelumnya, berdasarkan laporan yang diterima polisi, seorang pria inisial R mengaku dikeroyok saat Iko menyambangi kediamannya. Iko dan pelapor terlibat cekcok hingga akhirnya terjadi baku hantam.

Dalam laporan itu juga terdapat cerita awal mula laporan itu muncul. Iko Uwais disebut datang ke rumah korban, lalu terjadi cekcok mulut.

“Pelaku mengeroyok korban sehingga korban mengalami luka memar di wajah, tangan kanan, luka punggung,” tulis laporan itu, Sabtu, (11/6/2022).

Laporan itu tercatat dengan nomor LP/B/ 1737 / VI/2022/SPKT: Sat Reskrim/Polres Metro Bekasi Kota/Polda Metro Jaya, tanggal 11 Juni 2022.

Iko mengaku bela diri

Iko Uwais menyebut tindakannya adalah bentuk perlindungan diri dan keluarganya.

“Respons saya terhadap tindakan yang dilakukan saudara Rudi murni merupakan pembelaan diri dan perlindungan kepada anggota keluarga saya,” jelas Iko Uwais dalam siaran pers, Selasa (14/6/2022).

Iko menjelaskan awal mula keributan itu terjadi karena Rudi yang tidak menjalankan kewajibannya sesuai dengan kesepakatan.

“Awalnya saya melakukan kerja sama dengan saudara Rudi, dan saya sudah melakukan pembayaran sesuai dengan termin. Namun ternyata kurang ditanggapi ketika saya menanyakan progres pekerjaannya sesuai dengan perjanjian,” jelas Iko.

Iko mengaku berusaha bertemu dengan Rudi untuk membicarakannya secara baik-baik, namun selalu dihindari oleh Rudi.

“Ketika akhirnya bisa bertemu, respons kurang baik rupanya ditunjukkan oleh saudara Rudi, kemudian memicu sedikit ketegangan berlanjut dengan penyerangan secara fisik kepada saya,” lanjutnya.

Mengantongi sejumlah bukti, Iko pun melayangkan laporan balik terhadap Rudi ke Poda Metro Jaya karena merasa telah difitnah.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan