Pantau Flash
Pelaku Pelecehan Seksual saat Rapid Test di Bandara Soetta Jadi Tersangka
Ilham Saputra Ditunjuk sebagai Pelaksana Harian Ketua KPU
BMKG Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrem hingga 28 September
Positif COVID-19 Betambah 4.071, Total Menjadi 252.923 Kasus
Pendapatan Negara Turun 13,1 Persen, hingga Agustus Capai Rp1.034,1 T

Ini 4 Kondisi Menstruasi yang Ungkap Kesehatan Kamu Girls

Ini 4 Kondisi Menstruasi yang Ungkap Kesehatan Kamu Girls Ilustrasi menstruasi. (Shutterstock)

Pantau.com - Beberapa efek samping yang tidak nyaman mungkin dapat dihubungkan dengan siklus menstruasi wanita. Kondisi yang dialami bervariasi dari perempuan ke perempuan dan dari siklus ke siklus. Ini mungkin termasuk kram, pendarahan hebat atau mual. 

Beberapa wanita melaporkan bahwa mereka lebih emosional selama periode menstruasi mereka dan mengalami kesulitan mengatasi kehidupan sehari-hari mereka.

Beberapa wanita merasa sangat lemah dan lelah selama masa ini. Semua ini adalah hasil dari perubahan kadar hormon. Ini adalah tanda yang sangat normal selama menstruasi. Dilansir Boldsky, berikut tanda-tanda dan gejala-gejala tertentu yang mungkin dimiliki seorang wanita selama menstruasi yang dapat menandakan penyakit dan kondisi tertentu.

Baca juga: Lupakan Painkiller, 5 Cara Ini Ampuh Kurangi Rasa Sakit saat Menstruasi

1. Menstruasi berhenti mendadak

Ilustrasi menstruasi. (Shutterstock)

Apa yang terjadi ketika Anda tiba-tiba berhenti mendapatkan menstruasi? Penyebab paling mungkin bisa jadi Anda hamil atau sudah menopause. Jika keduanya bukan alasan Anda melewatkan menstruasi, maka Anda harus memeriksakan diri untuk sindrom ovarium polikistik, kelenjar tiroid abnormal, lemak tubuh rendah, dan terkadang tingkat stres ekstrem.

2. Periode menyakitkan

Ilustrasi menstruasi. (Shutterstock)

Apakah haid Anda sangat menyakitkan? Rasa sakit selama menstruasi adalah normal tetapi jika rasa sakit Anda menjadi tak tertahankan dan Anda terkurung di tempat tidur Anda sepanjang waktu karena rasa sakitnya melumpuhkan, Anda bisa menjadi korban endometriosis, fibroid, kelainan struktural pada uterus atau jaringan parut sebagai akibat dari setiap operasi yang mungkin Anda miliki.

Baca juga: Tak Selalu Tanda Kehamilan, Ini 6 Alasan Kenapa Menstruasi Kamu Telat

3. Periode berat

Ilustrasi menstruasi. (Shutterstock)

Jika Anda mengalami menstruasi yang sangat berat, yang mengharuskan Anda harus mengganti pembalut setiap jam, Anda mungkin menderita hemofilia atau fibroid. Bisa juga karena ketidakseimbangan hormon, perubahan kadar seperti estrogen dan progesteron. Dalam kasus yang jarang terjadi, ini bisa disebabkan oleh kanker rahim.

4. Periode jarang

Ilustrasi menstruasi. (Shutterstock)

Periode yang jarang juga diamati pada beberapa wanita. Jangan abaikan ini karena itu bisa menjadi pertanda ketidakseimbangan hormon, polip, dan fibroid. Jika Anda menderita kondisi yang disebutkan di atas, pastikan untuk mengunjungi dokter kandungan secepatnya.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: