Pantau Flash
15.126 Pasien COVID-19 di Wisma Atlet Sembuh
Ketua Dewan Positif COVID-19, Gedung DPRD Bogor Disterilisasi
Kebijakan Tarik 'Rem Darurat' Dianggap Berhasil, Anies Perpanjang PSBB
Selama Periode 2016-2020 Tercatat 157 Pegawai KPK Telah Mengundurkan Diri
Presiden Jokowi Sebut Pemerintah Tak Bisa Sendirian Atasi COVID-19

Ini 5 Alasan untuk Keluar dari Lingkaran Pertemanan yang Tidak Sehat

Ini 5 Alasan untuk Keluar dari Lingkaran Pertemanan yang Tidak Sehat Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kita bertemu begitu banyak orang di setiap jalan kehidupan yang di jalani. Ketika tumbuh dewasa, kita bertemu dengan orang yang berbeda, dan menjauh dari mereka yang sebelumnya kita temui. Beberapa dari teman itu mungkin bertahan, beberapa lainnya menghilang begitu saja. 

Anda mungkin merasa sedih karena kehilangan seseorang, tetapi ada yang perlu dipahami bahwa tak semua orang yang ditemui akan bertahan di dalam hidup Anda selamanya. 

Dan pada saat itulah Anda akan tahu siapa yang harus Anda pertahankan dan siapa yang harus Anda tinggalkan. Jika Anda memilih untuk bertahan dalam lingkaran pertemanan yang tampak berjalan di jalan yang kasar, Anda mungkin akan menyakiri diri sendiri dalam jangka panjang.

Ketika belum yakin memutuskannya, coba lihat beberapa alasan yang dilansir dari Boldsky, yang mungkin bisa membantu Anda memikirkan lingkaran pertemanan.

1. Mereka berbicara di belakang Anda

Ilustrasi (Pixabay)

Teman sejati tidak pernah berbicara di belakang satu sama lain. Bahkan, mereka mencoba untuk memperbaiki kesalahan masing-masing dan membantu membawa perubahan positif.

Mereka akan mengkritik di depan wajah Anda dan akan selalu mendukung. Tetapi jika Anda selalu dikritik oleh teman-teman saat Anda tidak ada, maka itu adalah tanda bahwa Anda perlu memutuskan hubungan dengan mereka. Jika tidak, ini bisa melukai Anda dalam jangka panjang.

Baca juga: Kenapa Sih Ada Orang Lebih Suka Solo Traveling?

2. Tak lagi merasa sama dengan mereka

Ilustrasi (Pixabay)

Anda melewatkan waktu ketika teman-teman lama dulu bersenang-senang bersama. Anda tidak lagi merasakan hal yang sama dengan mereka. Tidak peduli seberapa keras mencoba, Anda merasa seolah-olah ada sesuatu yang berubah sangat besar.

Bahkan, terkadang Anda merasa lebih buruk setelah bertemu teman lama karena tidak ada rasa kehangatan, kasih sayang, dan komitmen satu sama lain. Jika ini masalahnya, maka Anda harus menyadari bahwa sudah saatnya memutuskan hubungan satu sama lain.

3. Mereka tidak peduli dengan emosi Anda

Ilustrasi (Pixabay)

Teman tidak menunjukkan cinta mereka secara langsung satu sama lain. Bahkan, mereka melakukan hal-hal untuk menunjukkan cinta dan kepedulian seperti memotivasi satu sama lain untuk mencapai tujuan mereka.

Juga, mereka cenderung saling memperhatikan emosi dan perasaan masing-masing, tetapi jika teman-teman Anda tidak terlalu peduli dengan emosi Anda, maka lebih baik untuk keluar dari ikatan seperti itu.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Laki-laki Banyak yang Suka Bermain Game

4. Merasa tidak mempercayai mereka

Ilustrasi (Pixabay)

Tidak dapat disangkal bahwa teman-teman saling percaya dan berbicara sepenuh hati, karena mereka hampir tidak menyembunyikan apa pun dari satu sama lain.

Anda harus ingat bahwa kepercayaan adalah fondasi di mana setiap hubungan atau persahabatan berdiri kuat. Tetapi jika Anda tidak dapat mempercayai teman-teman Anda dan tidak lagi merasa ingin berbagi sesuatu dengan mereka, lebih baik untuk keluar dari lingkaran itu.

5. Merasa stres dan frustrasi

Ilustrasi (Pixabay)

Teman membuat kita merasa santai dan bahagia bahkan disaat kita sedih. Mereka adalah orang yang tidak pernah gagal membuat Anda merasa gembira dan bahagia, tetapi jika teman lama membuat Anda merasa frustrasi dan stres setiap saat, itu adalah tanda mengapa Anda harus keluar dari lingkaran pertemanan.

Bagaimanapun, yang paling penting dalam suatu hubungan atau persahabatan adalah apakah Anda bahagia atau tidak. Ikatan yang tidak lagi membuat Anda merasa bahagia dan rileks tidak selamanya aman. Anda dapat keluar dan bergerak maju untuk kehidupan Anda.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: