Pantau Flash
Proyek Tol Trans-Sumatera, Jokowi Temukan Kendala Aturan Teknis
Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Pangandaran Jawa Barat
Getaran Gempa Banten Terasa hingga Jakarta dan Depok
Kementan: Kalung Anti Korona Bukan sebagai Antivirus
Rangkasbitung Banten Diguncang Gempa Magnitudo 5,4

Ini 5 Hal yang Bisa Memicu Kamu Sering Buang Air Kecil

Ini 5 Hal yang Bisa Memicu Kamu Sering Buang Air Kecil Ilustrasi. (Foto: iStock)

Pantau.com - Menurut pakar kesehatan, normalnya manusia akan buang air kecil sebanyak enam hingga tujuh kali dalam 24 jam. Namun, pada beberapa orang dengan kondisi tertentu, angka ini bisa saja lebih atau kurang. Misalnya saja pada anak-anak yang memiliki ukuran kantung kemih yang lebih kecil, maka mereka akan buang air kecil lebih sering daripada orang dewasa.

Makanan atau minuman yang kita makan juga memengaruhi seberapa sering kita buang air kecil. Jika kamu minum minuman bersoda, teh, atau kopi yang mengandung kafein, hal itu juga bisa membuat intensitas buang air kecil kamu akan semakin sering.

Selain itu obat-obatan yang kamu minum juga bisa menentukan. Misalnya saja ketika kamu minum obat darah tinggi golongan diuretik, maka kamu akan memiliki keinginan untuk buang air lebih tinggi.

Jika kamu sering mengalami buang air kecil bukan karena alasan seperti yang sudah disebutkan, bisa jadi karena hal berikut ini.

1. Masalah Saraf


Masalah Saraf. (Foto: Ist)

Stress dan cemas bisa diakibatkan karena ada masalah pada saraf, hal itu bisa mempengaruhi sinyal di otak yang mengakibatkan dorongan tiba-tiba untuk buang air kecil.

Baca Juga: Sering Pipis Tengah Malam? Mungkin Ini Alasannya

2. Buah Asam

Buah dan Minuman Asam. (Foto: Ist)

Mengonsumsi buah yang asam dan jus jeruk bisa menyebabkan iritasi kandung kemih untuk sebagian orang, hal tersebut yang membuat seseorang mudah buang air kecil.

3. Alkohol dan Kafein


Minuman Alkohol. (Foto: Iluminasi)

Sebagian orang jadi ingin buang air kecil setelah minum minuman beralkohol, sebagian lain terdorong akibat minum bir atau kopi.

Baca Juga: Berapa Lama Waktu Maksimal Menahan Buang Air Kecil?

4. Obat-obatan


Obat-obatan. (Foto: shutterstock)

Sebagian obat, apalagi untuk tekanan darah tinggi, akan meningkatkan keinginan buang air kecil akibat efek samping diuretik pada obat tertentu.

5. Makanan Pedas


Makanan Pedas. (Foto: Baltimore)

Banyak dari orang yang sering buang air kecil setelah makan makanan pedas, makanan pedas mengiritasi kandung kemih sama seperti makanan asam.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: