Pantau Flash
DPR Lantik Tiga PAW, Dua dari PDIP dan Satu Nasdem
Menteri Edhy Bertolak ke Australia Bahas Budidaya Lobster
Arab Saudi Berhentikan Sementara Pelayanan Umrah Gara-gara Korona
'Wanita Bisa Hamil di Kolam Renang' Jadi Sorotan Media Internasional
Bayern Munchen Rilis Jersey Khusus Peringati Hari Jadi ke-120

Ini 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Ketika Melakukan Diet

Ini 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Ketika Melakukan Diet Ilustrasi diet. (Foodwise)

Pantau.com - Jika kamu pernah mencoba untuk menurunkan berat badan, pasti kamu tahu ada lusinan diet yang menjanjikan hasil yang dramatis. Salah satunya adalag diet yoyo.

Diet yoyo adalah pola diet yang menyebabkan berat badan cepat turun dan cepat untuk naik kembali. Diet ini biasanya dilakukan dengan cara mengurangi asupan makanan secara ekstrem.

Bonnie Taub-Dix, RDN, seorang konslutan nutrisi yang berbasis di New York dan penulis Read It Before You Eat It, mengatakan ketika Anda kehilangan banyak berat badan dan memperoleh itu kembali, itu bukanlah diet yang berhasil. 

Selain tidak efektif, diet yoyo juga dapat menyebabkan kerusakan psikologis dan fisik. Berikut lima hal yang terjadi pada tubuh jika melakukan diet yoyo, dikutip Live Strong.

Baca juga: 5 Makanan yang Dianggap Tinggi Lemak Ini Justru Sangat Menyehatkan Lho

1. Otot

Karena diet yoyo cenderung untuk menurunkan berat badan dengan cepat, mereka biasanya juga ikut menjatuhkan otot bersama dengan lemak, kata Taub-Dix. Selain itu, jika untuk mengembalikan berat badan, mereka hanya akan mengembalikan lemak.

Hal tersebut berarti jika suatu saat Anda menurunkan berat badan kemungkinan akan jauh lebih sulit, karena tubuh Anda tidak memiliki cukup otot untuk membakar lemak.

2. Sistem pencernaan

"Apa yang biasanya saya lihat dalam diet yoyo adalah, ketika orang kembali menaikkan berat badan, ia akan makan berlebihan," kata Taub-Dix.

Hal ini menyebabkan masalah pencernaan seperti refluks, sakit perut bahkan sembelit hingga diare, tergantung seberapa banyak makanan yang Anda konsumsi.

"Melakukan diet akan membuat Anda cepat marah, stres, cemas, tertekan, dan itu bukan hanya dari efek sosial. Itu karena diet mempengaruhi sistem suasana hati dan komunikasi yang kita miliki".

3. Kesehatan usus

"Diet yoyo dapat berkontribusi terhadap peradangan yang kronis dari waktu ke waktu, dan di situlah kita melihat kesehatan pada otak dan usus yang terpengaruhi," kata Tammy Beasley, RDN, seorang ahli diet yang berbasis di Hunstville, Alabama, dan menjabat sebagai wakil presiden layanan nutrisi untuk pusat pemulihan makan Alsana.

Para peneliti telah mengetahui selama bertahun-tahun bahwa microbiome usus memainkan peran penting dalam memproduksi serotonin, neurotransmitter bertanggung jawab untuk mengatur nafsu makan, suasana hati, perilaku dan tidur.

Baca juga: Lakukan Diet Ekstrem, Bocah Laki-Laki Ini Alami Kebutaan

Tapi setiap jenis pembatasan pada diet, kata Beasley, dapat membuang usus microbiome berbahaya keluar, mengganggu serotonin kita serta produksi hormon penting lainnya.

"Usus Anda membutuhkan berbagai sumber makanan, dan ketika itu kehilangan berbagai bakteri baik, ia tidak dapat mempertahankan dirinya sendiri dan akan mulai mati," katanya. Ketika microbiome usus habis, susana hati Anda dapat menderita.

4. Jantung

Penurunan berat badan yang ekstrem juga dapat mendatangkan malapetak pada jantung Anda, menurut penelitian dari jurnal Obesity Reviews, yang dirilis pada Februari 2015.

Ketika salah satu kehilangan berat badan, hal itu akan memperngaruhi sejumlah fungsi tubuh termasuk denyut jantung, tekanan darah, gula darah, dan tingkat lipid. 

5. Harga diri

Penurunan berat badan yang ekstrem juga bukan akan menyebabkan kerusakan pada fisik, tapi juga berefek pada psikologis, menurut Beasley.

"Diet yoyo sering dikaitkan dengan perasaan kegagalan," kata Beasley. Sebagian besar orang tidak mempertahankan berat badan dalam jangka panjang, dan ketika berat badan kembali, harga diri Anda akan merasa tertekan.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: