Pantau Flash
Bank Dunia Prediksi Penduduk Miskin di Indonesia Bertambah 9,6 Juta Orang
Luhut Klaim Sektor Pariwisata Bisa Pulih dalam 10 Bulan Akibat COVID-19
Kemnaker: Ada 1,7 Pekerja Terdampak Pandemi COVID-19
Kemenkes Tegaskan Imunisasi Harus Jalan Selama Pandemi Korona
Jusuf Kalla: Fatwa MUI DKI 2001 Perbolehkan Salat Jumat 2 Gelombang

Ini 5 Manfaat Teh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ini 5 Manfaat Teh untuk Kesehatan dan Kecantikan Ilustrasi teh. (Foto: Shutterstock)

Pantau.com - Teh merupakan salah satu minuman yang sangat akrab dengan masyarakat di Indonesia. Minum teh di pagi hari dapat memberikan semangat untuk memulai aktivitas, sedangkan pada sore hari dapat membuat waktu santai lebih menyenangkan.

Selain itu, teh juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut 5 manfaat teh yang dirangkum Pantau.com dari berbagai sumber: 

1. Meringankan mata lelah

Ilustrasi mata. (Pixabay)

Teh dapat merevitalisasi lelah, rasa sakit, bahkan mata bengkak. Caranya dengan rendam dua kantung teh dalam air hangat dan kompres pada mata selama 20 menit. Teh yang mengandung tanin dapat mengurangi bengkak dan menangkan mata lelah.

Baca juga: Ini 6 Manfaat Menakjubkan Teh Hitam yang Tak Banyak Diketahui

2. Meredakan luka goresan

Ilustrasi. (Pixabay)

Duh! Anda tergores pisau cukur saat mencukur jenggot? Untuk meredakan luka goresan itu Anda dapat mengoleskan kantung teh basah ke area luka. Kandungan teh akan meredakan luka akibat cukur pisau.

3. Pewarna alami rambut

Ilustrasi pewarna rambut. (Pixabay)

Jika warna pada rambut Anda mulai memudar, tak usah khawatir karena teh dapat menjadi pewarna rambut alami. Caranya dengan rendam 3 kantung teh dengan 1 cangkir dalam air mendidih. Tambahkan 1 sendok makan rosemary dan sage dan diamkan selama semalam.

Untuk menggunakannya, aplikasikan ramuan tersebut seperti shampo atau semprot campuran pada rambut Anda dan pastikan mengoleskannya secara menyeluruh. 

Baca juga: 10 Cara Mudah Mencegah Timbulnya Jerawat pada Wajah

4. Conditioner untuk rambut kering

Ilustrasi shampo. (Pixabay)

Untuk memberikan kilauan dalam rambut keringmu, Anda dapat menggunakan teh sebagai conditioner. Caranya dengan aplikasikan teh yang baru saja diseduh pada rambut Anda menggunakan satu liter air hangat. Kemudian bilas dengan air bersih.

5. Meredakan pendarahan pada gusi

Ilustrasi gigi dan gusi. (Pixabay)

Jika Anda mengalami pendarahan pada gusi, teh bisa digunakan sebagai obat untuk meredakannya. Untuk menghentikannya, kompres langsung gusi dengan kantung teh basah dan diamkan selama beberapa menit. Kandungan teh juga dapat meredakan rasa sakit dari gigi yang dicabut.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: