Pantau Flash
Sri Mulyani Usul Minuman Manis dalam Kemasan Jadi Objek Cukai
Wabah Virus Korona Dongkrak Harga Emas ke Level Tertinggi
Ketua DPRD Sebut Surat Anies Baswedan Soal Formula E Ilegal
Freeport Keluarkan Kocek 600 Juta Dolar AS untuk Bangun Smelter
Victoria Keluarkan Peringatan Berhati-hati Terhadap WNI Terkait Korona

Ini 5 Negara Terbesar di Dunia, Ada yang Luasnya 9 Kali dari Indonesia Lho!

Ini 5 Negara Terbesar di Dunia, Ada yang Luasnya 9 Kali dari Indonesia Lho! ilustrasi (foto: pixabay)

Pantau.com - Indonesia mendapat predikat sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau.  Tapi pada nyatanya, Indonesia bukan lah negara terluas. Terbentang dari Sabang sampai Merauke dengan ratusan ribu pulau, luas Indonesia tercatat 1,905 juta kilometer persegi. 

Lalu negara mana saja paling luas di dunia? Pantau.com punya daftarnya untukmu.

Baca juga: 5 Menteri Termuda di Dunia yang Jadi Sorotan Publik, Ada yang 22 tahun

1. Rusia

Rusia. (Foto: Pixabay)

Ini dia negara terluas di dunia, Federasi Rusia. Karena luasnya negara Rusia, wilayahnya terbentang antara Benua Asia (bagian Utara Asia) dan Benua Eropa (bagian Timur Eropa). Rusia memiliki luas wilayah sebesar 17.098.242 kilometer persegi. Bahkan 9 kali luas wilayah Indonesia.

2. Kanada


Kanada. (Foto: Pixabay)

Negara terluas kedua di dunia merupakan Kanada. Kanada terletak di bagian paling Utara benua Amerika dengan wilayah seluas 9.984.670 kilometer persegi.

Negara itu merupakan federasi dari 10 provinsi dan 3 teritori dengan sistem desentralisasi dengan pemerintahan yang berbentuk monarki konstitusional. Dari luas negaranya, hampir sembilan persennya merupakan perairan.

3. China


China. (Foto: Pixabay)

Bukan hanya wilayah negaranya yang luas, Cina juga berpredikat sebagai negara dengan jumlah penduduk paling banyak di dunia. Negara berjuluk Negeri Tirai Bambu ini terletak di Benua Asia bagian timur ini memiliki luas wilayah 9,6 juta kilometer persegi. 

Dalam peringkat negara terluas sebenarnya Cima ada diposisi antara 3 atau 4. Mengapa demikian? Di bawah ini penjelasannya. 

Baca juga: Sungai Terpanjang di Dunia

4. Amerika Serikat


Amerika Serikat. (Foto: Pixabay)

Amerika Serikat memiliki bentuk pemerintahan republik konstitusional federal dengan terdiri atas 50 negara bagian dan sebuah distrik federal. Negara ini terletak di bagian tengah Amerika Utara yang menjadi lokasi dari 48 negara bagian yang saling bersebelahan.

Terdapat perbedaan dalam menentukan luas wilayah AS. Ensiklopedi Britannia misalnya, mencantumkan luas wilayah AS hanya 9,5 juta kilo persegi karena tidak menghitung perairan pesisir atau teritorial negara tersebut. Sementara world factbook menghitung luas perairan AS dan mencatat luas negara itu 9,8 juta kilometer persegi. 

5. Brasil

Brasil. (Foto: Pixabay)

Negara yang terletak di Benua Amerika bagian selatan ini menjadi salah satu negara terbesar di dunia dengan luas wilayah sebesar 8.514.877 Km2.

Negara yang memiliki nama lengkap Republic Federal Brasil (Federative Republic of Brazil) ini merupakan negara bekas koloni Portugal yang juga memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam

Berita Terkait: