Pantau Flash
Sri Mulyani Usul Minuman Manis dalam Kemasan Jadi Objek Cukai
Wabah Virus Korona Dongkrak Harga Emas ke Level Tertinggi
Ketua DPRD Sebut Surat Anies Baswedan Soal Formula E Ilegal
Freeport Keluarkan Kocek 600 Juta Dolar AS untuk Bangun Smelter
Victoria Keluarkan Peringatan Berhati-hati Terhadap WNI Terkait Korona

Ini 5 Sinetron Indonesia yang Tayang Paling Lama, Ada Sampai 10 Tahun!

Ini 5 Sinetron Indonesia yang Tayang Paling Lama, Ada Sampai 10 Tahun! Sinetron Misteri Gunung Merapi. (foto: istimewa)

Pantau.com - Sinetron telah menjadi salah satu hiburan yang paling diminati masyarakat Indonesia. Setiap hari pasti selalu ada tayangan sinetron di stasiun televisi tertentu.  Meski sebetulnya saat era tahun 90-an akhir hingga 2000-an awal, sinetron hanya disiarkan dalam dua atau tiga kali dalam seminggu. Lantaran jadwal siarnya yang tidak terlalu sering, sinetron-sinetron jaman dulu bertahan hingga bertahun-tahun. Bahkan ada yang sampai lebih dari lima tahun.

Lalu Apa Saja Sinetron Indonesia yang Tayang Paling Lama?

Pantau.com merangkum lima sinetron yang disiarkan hingga bertahun-tahun. 

1. Jin dan Jun

jin dan jun

Jin dan Jun. (Foto:Istimewa)

Sinetron lintas generasi. Rasanya tak berlebihan jika label itu disematkan untuk sinetron Jin dan Jun. Bagaimana tidak, sinetron itu hampir satu dekade ada di televisi.

Mulai tayang pada 1996 hingga 2002 disiarkan oleh RCTI. Kemudian season dua ditayangkan oleh MNCTV sejak 2003 dan tamat 2008. Meski tayang demikian lama, jumlah episode sinetron Jin dan Jun hanya sekitar 270. 

Baca juga: 5 Judul FTV Paling Kocak dan Lawak, Sampai Tepok Jidat Bacanya!

2. Keluarga Cemara

keluarga cemara

Keluarga Cemara. (Foto: Istimewa)

Ini juga tak kalah legenda. Sinetron yang diadaptasi dari cerita bersambung karya seniman Arswendo ini tayang pertama kali pada 6 Oktober 1996 hingga 2002 di RCTI.

Sinetron ini dilanjutkan dengan musim baru Keluarga Cemara: Kembal ke Asal dan disiarkan TV7 pada 21 Juli 2004 hingga tamat 30 Januari 2005 dan jumlah episode mencapai 412.

3. Tersanjung

tersanjung

Tersanjung. (Foto: Istimewa)

Sinetron yang hits di jamannya. Diperankan oleh Lulu Tobing, Ari Wibowo, juga Cut Tari itu tayang sejak 10 Juli 1998 hingga 27 Mei 2005.

Selama tujuh musim sinetron yang bercerita tentang kisah hidup Indah, si anak yatim piatu, itu menghiasi layar televisi di Indosiar dengan total jumlah episode 360. 

Baca juga: 5 Deretan Artis Cantik Indonesia Miliki Karakter Wajah Jutek

4. Misteri Gunung Merapi

misteri gunung merapi

Misteri Gunung Merapi. (Foto: Istimewa)

Masih ingat suara tawa Mak Lampir? Suara tawanya sempat menghuni layar televisi Indosiar sejak 1 November 1998 hingga tamat 20 November 2005 dengan jumlah episode mencapai 261. Sejak 19 November 2018 lalu sinetron itu kembali ditayangkan di RTV. 

5. Bidadari

bidadari

Bidadari. (Foto: Istimewa)

Sosok bidadari yang diperankan Ayu Azhari ketika itu sempat hits pada awal tahun 2000-an. Tayang perdana pada 5 November 2000, sinetron yang juga melambungkan nama Marshanda ini berakhir 17 Juli 2005 dengan jumlah episode 237. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam

Berita Terkait: