Pantau Flash
Kemenkes Khawatir WNI di Diamond Princess Terjangkit Korona Tanpa Gejala
Kemenhub Siapkan Payung Hukum untuk Sepeda Listrik
China Pecat Sejumlah Pejabat Pasca Pasien Korona di Penjara Meningkat
WNI yang Dievakuasi dari Kapal Diamond Princess Langsung Dikarantina
Persija Hadapi Tim Singapura dalam Tajuk 'The Dream Team'

Ini 5 Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Sayuran dan Buah-buahan

Ini 5 Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Sayuran dan Buah-buahan Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - The USDA's Dietary Guidelines merekomendasikan setiap orang dewasa untuk makan lima sampai 13 buah-buahan dan sayuran dalam sehari tergantung pada usia, jenis kelamin, serta aktivitas fisik.

Melewatkan nutrisi dari buah dan sayuran dapat secara serius memperngaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan. Berikut 5 tanda bahwa tubuh kekurangan asupan sayuran dan buah-buahan, melansir The Healthy.

1. Memar dengan mudah


Ilustrasi memar. (Foto: Mixmike/iStock)

Mengkonsumsi terlalu sedikit vitamin C dapat menyebabkan memar dengan mudah, serta peningkatan perdarahan di sekitar gusi. Dapatkan vitamin C yang terkandung dalam paprika merah, kale, cabai merah, sayuran berdaun gelap, brokoli, kubis Brussel, dan tomat. 

Baca juga: Yakin Konsumsi Buah dan Sayur Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Faktanya

2. Selalu merasa lelah


Ilustrasi lelah. (Foto: Elenaleonova/iStock)

Kekurangan folat dapat menyebabkan kelelahan dan anemia. Vitamin B ini dapat ditemukan dalam daun hijau gelap dan tepung sayuran seperti Black Eyed Peas, kacang merah, lima kacang, kacang laut, asparagus, dan lentil.

3. Mudah terserang virus


Ilustrasi sakit. (Foto: Elenaleonova/iStock)

"Jika Anda kekurangan sayuran dan vitamin, tubuh Anda mungkin tidak memiliki pertahanan yang dibutuhkan untuk melepaskan virus," kata Abby Sauer, RD, MPH, seorang ahli gizi di Abbott.

Stok kulkas Anda dengan sayuran berdaun hijau gelap --sumber baik vitamin C, untuk memberikan sistem kekebalan tubuh dorongan dan membantu mempersingkat waktu pemulihan Anda.

4. Memori memudar


Ilustrasi memori yang memudar. (Foto: Hoozone/iStock)

Baca juga: 5 Buah-buahan yang Ideal untuk Kamu saat Bekerja

Pelupa mungkin dapat sesekali mempengaruhi seseorang pada berbagai usia, namun jika Anda mengalami kelupaan yang sering terjadi, itu bisa jadi karena kurangnya nutrisi.

"Lutein, nutrisi yang telah ditunjukkan dalam penelitian awal untuk meningkatkan pembelajaran dan memori, dapat ditemukan dalam berbagai sayuran seperti daun hijau, wortel, brokoli, jagung, dan tomat," kata Sauer. 

Ia mengatakan, menambahkan beberapa sayuran ini untuk makanan mingguan Anda dapat membantu dan meningkatkan kinerja otak.

5. Stres

Ilustrasi stres. (Foto: Peopleomages/iStock)

"Peradangan adalah respon alami tubuh Anda terhadap stres, jadi jika Anda tidak menangani stres dengan baik, peradangan akan berefek merusak kesehatan," kata Sauer. 

Makanan kaya senyawa anti-inflamasi seperti asam lemak tak jenuh, seperti salmon dan tuna, antioksidan, polifenol dan karotenoid seperti sayuran berdaun hijau dan paprika berwarna cerah, dapat membantu menurunkan tingkat peradangan dalam tubuh dan meningkatkan kemampuan mental Anda untuk menangani stres akibat rutinitas sehari-hari.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: