Pantau Flash
Sri Mulyani Usul Minuman Manis dalam Kemasan Jadi Objek Cukai
Wabah Virus Korona Dongkrak Harga Emas ke Level Tertinggi
Ketua DPRD Sebut Surat Anies Baswedan Soal Formula E Ilegal
Freeport Keluarkan Kocek 600 Juta Dolar AS untuk Bangun Smelter
Victoria Keluarkan Peringatan Berhati-hati Terhadap WNI Terkait Korona

Ini 6 Manfaat Menakjubkan Teh Hitam yang Tak Banyak Diketahui

Headline
Ini 6 Manfaat Menakjubkan Teh Hitam yang Tak Banyak Diketahui Ilustrasi teh hitam. (Foto: Shutterstock)

Pantau.com - Mengonsumsi teh bagi masyarakat Indonesia sudah menjadi tradisi tersendiri. Minuman yang biasanya dikonsumsi pagi atau sore ini memiliki banyak jenis, salah satunya adalah teh hitam.

Sama seperti ragam teh lainnya, teh hitam memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut deretan manfaat teh hitam yang dikutip dari The Healthy.

Baca juga: Catat, Ini Waktu yang Tepat Minum Teh Hijau

1. Mengobati luka

Black tea atau teh hitam bertindak sebagai astringents untuk menghentikan pendarahan dari luka terbuka atau goresan. Caranya, kompres bagian luka dengan kantung teh hitam secara perlahan. Teh hitam akan membuat luka mereda dan mengurangi pembengkakan.

2. Meningkatkan kesehatan gusi

Teh hitam yang mengandung zat asam tannic dapat mengecilkan jaringan bengkak dan membantu aliran pendarahan. Jika Anda mengalami pembengkakan gusi, Anda dapat mengobatinya dengan menekan secara langsung bagian yang bengkak dengan teh hitam. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan teh hitam untuk obat kumur bagi kesehatan gusi. 

3. Meringankan iritasi mata

Anda mengalami iritasi ringan pada mata? Rendam dua kantong teh hitam dalam air hangat selama sepuluh menit. Kemudian tekan cairan berlebih dalam teh hitam dan kompres selama sepuluh menit. Teh hitam dapat membantu meredakan iritasi dan mengurangi peradangan.

Baca juga: Teh Hijau Bisa Berbahaya Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

4. Meredakan diare

Tanin dalam teh hitam juga memiliki peran pada selaput lendir di usus, yang membantu tubuh menyerap cairan dan menenangkan peradangan usus.

5. Melawan alergi

Teh kaya akan flavonoid, yang merupakan bahan kimia pada tanaman yang dapat melindungi peradangan. Meminum beberapa cangkir teh dalam sehari dapat membantu Anda untuk menghilangkan gejala alergi yang diderita.

6. Menyembuhkan bisul

Bisul dapat disebabkan oleh bakteri staphylococcal dan paling sering muncul di wajah, leher, bahu, ketiak, dan pantat. Untuk menyembuhkan bisul, kantung teh hitam hangat bisa digunakan sebagai obatnya. Tanin alami dalam teh hitam memiliki sifat antibakteri.

Kompres bisul dengan kantung teh hitam hangat selama 10 sampai 15 menit, empat sampai lima kali dalam sehari, akan membantu untuk menyembuhkan bisul.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: