Ini Alasan Kenapa Wajah Bengkak Ketika Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

Headline
Ilustrasi bangun tidur. (iStock)Ilustrasi bangun tidur. (iStock)

Pantau – Pembengkakan pada wajah saat tidur bisa terjadi karena posisi tidur yang salah, sehingga membuat cairan menumpuk di area wajah. Hal inilah yang akhirnya membuat muka tampak bengep saat baru bangun tidur. 

Selain itu menurut Healthline, penyebab wajah bengkak saat bangun tidur yang lainnya adalah terlalu banyak konsumsi garam saat makan malam, minum banyak alkohol, alergi dan perubahan hormon.

Jika sudah mengetahui penyebabnya, berikut ini beberapa tips mudah untuk meredakan bengkak pada wajah saat bangun tidur.

1. Basuh Muka dengan Air Dingin Saat Bangun Tidur

Hal pertama yang mudah dilakukan setelah mengalami pembengkakan wajah adalah mencuci wajah dengan air dingin. Membasuh muka dengan air dingin dapat meningkatkan aliran darah. Paparan air dingin ke wajah dapat mengalirkan darah ke area yang tertekan saat tidur. Efeknya, bengkak di wajah bisa mereda.

2. Kompres Air Hangat

Kompres air hangat meningkatkan aliran darah ke area tubuh yang bengkak. Peningkatan aliran darah mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Untuk menyiapkan kompres hangat, kamu bisa merendam handuk di dalam air hangat. Pilihan lainnya, gunakan botol minum yang diisi air hangat. Tempelkan handuk atau botol hangat tersebut secara lembut di wajah.

3. Kompres Mentimun

Timun mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga dapat melembapkan kulit wajah. Buah ini juga memiliki vitamin C yang baik untuk kecantikan kulit.

4. Minum Air Putih

Air putih dapat menyeimbangkan kadar garam dan cairan di dalam tubuh. Minum setelah bangun juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh melalui urine dan meredakan pembengkakan akibat terlalu banyak konsumsi garam. 

 
Tim Pantau
Editor
Annisa Indri Lestari