Ini Cara Qatar Kenalkan Syiar Islam Lewat Piala Dunia 2022

Headline
Barcode kamar hotel di Qatar. Foto : (Twitter Marsal Qatar English)

Pantau – Qatar sebagai penyelenggara Piala Dunia 2022 telah meluncurkan inisiatif baru untuk memperkenalkan Islam kepada pengunjung selama turnamen internasional empat tahunan tersebut yang berlangsung hingga 29 hari mendatang.

Menurut situs AboutIslam ada beberapa cara mengenalkan syiar Islam yang Qatar lakukan selama gelaran Piala Dunia 2022 :

1. Barcode yang memperkenalkan Islam

Terdapat Kode QR yang tersedia di kamar tamu hotel Qatar yang memperkenalkan pengunjung kepada Islam dan budaya Qatar dalam semua bahasa. Kode QR tersebut mengarah ke halaman milik Kementerian Awqaf Qatar. Laman landas mencakup panduan pengantar Islam dalam berbagai bahasa.

2. Mural Nabi Muhammad SAW

Tulisan yang memuat berbagai sabda Nabi Muhammad ﷺ tentang belas kasihan, amal, dan perbuatan baik terletak di berbagai jalan di seluruh negara Teluk.

“Setiap kebaikan adalah sedekah. Barang siapa yang tidak menyayangi orang lain, tidak akan disayang. Jagalah dirimu dari api neraka walaupun dengan sedekah setengah kurma,”

“Barang siapa yang tidak menyayangi, maka ia tidak akan disayangi,” adalah beberapa hadist Nabi dalam tampilan mural tersebut.

3. Museum Islam

Qatar Museum membuka kembali Museum of Islamic Art (MIA) pada Oktober lalu. Museum ini akhirnya membuka diri setelah sebelumnya telah melakukan renovasi yang berlangsung selama 18 bulan. Proyek perbaikan itu termasuk proses reimaginasi dan pemasangan kembali galeri koleksi permanennya.

4. Qatar Guest Center

Penyelenggara mempersiapkan fasilitas tim yang terdiri dari 2.000 orang untuk menyeru panggilan Salat di mana ia akan mengalokasikan 10 mobil bergerak dan 10 tenda khusus.

5. Larangan alkohol dan prostitusi

Hubungan seks satu malam atau one night stand akan sangat berisiko di gelaran pesta bola Piala Dunia Qatar 2022 karena konsekuensinya berurusan dengan hukum negara setempat. Ancaman hukumannya sendiri tidaklah main-main, yaitu hingga 7 tahun penjara.

6. Ketersediaan ruangan salat khusus

Terdapat area salat dan tempat untuk wudhu di stadion untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia.

Tim Pantau
Editor
Annisa Indri Lestari