Ini Daftar Negara dengan IQ Tertinggi di Dunia

Headline
Foto: ilustrasi/pixabayFoto: ilustrasi/pixabay

Pantau – Intelligence quotient (IQ) adalah ukuran kecerdasan manusia. Orang yang ingin mengukur IQ biasanya mengikuti tes standar dan menerima skor pada tingkat kecerdasan mereka. Semakin tinggi skor IQ seseorang, semakin dianggap cerdas orang tersebut.

Dilansir dari verywellmind, IQ dikatakan rendah apabila memiliki skor 70 ke bawah. Skor yang rendah didukung dengan indikator lainnya menunjukkan bahwa seseorang memiliki disabilitas intelektual. Sementara seseorang dianggap jenius apabila memiliki skor lebih dari 140.

World Population Review menyusun daftar IQ berdasarkan beberapa studi intelijen dunia yang paling terkenal dan dipublikasikan secara luas. Studi ini dilakukan oleh seorang psikolog Inggris bernama Richard Lynn.

Berikut deretan negara di tahun 2022 yang warganya memiliki IQ tertinggi di dunia :

1. Jepang

Warga Jepang dikenal pandai dalam memecahkan masalah dan membuat inovasi baru di bidang teknologi dengan skor IQ rata-rata sebesar 106.48. Hal ini dibuktikan dengan Jepang yang terkenal dengan kualitas elektronik, mobil, dan motor yang dibuat dengan menggunakan teknologi yang lebih maju dibanding negara lainnya.

2. Taiwan

Taiwan memiliki kemajuan karena warganya yang semakin cerdas. Dengan skor sebesar 106.47 berbeda 0,1 di bawah Jepang, saat ini Taiwan menjadi salah satu negara yang memegang pasar utama semikonduktor yaitu bahan utama konduktivitas listrik.

3. Singapura

Berada di urutan ke-3, Singapura menjadi satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang berhasil masuk dalam Top 10 negara dengan IQ tertinggi di dunia. IQ rata-ratanya sebesar 105.89 dari keseluruhan populasinya yang berjumlah 5,9 juta penduduk.

4. Hong Kong

Hong Kong diketahui memiliki fasilitas pendidikan yang memadai. Hal ini menjadi fakta yang digunakan untuk meningkatkan IQ dari populasinya. Hong Kong memiliki skor 105.37 dari tes IQ yang dilakukan.

5. China

Memiliki populasi penduduk sebanyak 1,4 miliar jiwa dan rata-rata populasi IQ-nya sebesar 104.1. Tak heran, China masih menjadi negara tujuan pelajar internasional untuk menempuh pendidikan.

6. Korea Selatan

Warga Korea Selatan dinilai memiliki kecerdasan dalam pendidikan dan pekerjaan yang sangat baik. Dengan rata-rata 102.35 membuat populasi di Korea Selatan selalu berevolusi untuk meningkatkan keterampilan mereka.

7. Belarusia

Sebuah negara di Eropa Timur yang memiliki peringkat tinggi dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Belarusia merupakan negara yang memiliki kualitas hidup dan pendidikan yang sangat baik. Tak heran, mereka berada di urutan ke-7 dengan skor 101.6 dari nilai tes.

8. Finlandia

Finlandia pun berhasil dengan skor 101.2 tidak jauh dari Belarusia. Salah satu alasan keberhasilan Finlandia karena sistem pendidikan yang kuat dan tenaga pengajar yang terlatih membuat populasi di negara ini menjadi produktif dan memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi.

9. Liechtenstein

Liechtenstein merupakan negara kecil di Eropa yang saat ini telah berkembang menjadi negara maju di dunia. Dengan skor 101.7 populasi di negara ini dikenal berhasil menciptakan perubahan yang signifikan untuk negara Liechtenstein.

10. Jerman dan Belanda

Kedua negara yang memiliki skor 100.74 dari nilai tes. Kedua negara ini juga merupakan negara yang ramah untuk pelajar internasional. Jerman terkenal dengan berbagai keberagaman, termasuk Albert Einstein yang berasal dari negara tersebut.

Tim Pantau
Editor
Annisa Indri Lestari