Pantau Flash
Positif COVID-19 di DKI Jakarta Bertambah Terus hingga 7.153 Kasus
Kasus Positif COVID-19 RI 25.773, Nihil Kasus Baru di 10 Provinsi
Desak Presiden Jokowi Mundur, Ruslan Buton Dibawa ke Jakarta
AS Akhiri Hubungan dengan WHO, Trump: Mereka Dikendalikan China
Ada 4.599 Kendaraan Menuju Jakarta Diputarbalik

Ini Deretan Film Horor Legendaris yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

Headline
Ini Deretan Film Horor Legendaris yang Terinspirasi dari Kisah Nyata Film The Amityville Horror. (Foto: Wikimedia)

Pantau.com - Film horor merupakan salah satu genre film yang disukai banyak orang. Pada umumnya, film horor yang beredar di masyarakat merupakan kisah fiksi. Namun bagaimana jika sebagian film itu justru dibuat berdasarkan kisah nyata?

Berikut 5 film horor klasik yang terinspirasi dari kisah nyata, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jaws 1975


Jaws. (Foto: Universal Studios)

Peter Benchley, yang menulis novel Jaws 1974, mendapat ide tentang cerita hiu pembunuh usai mengendarai perahu dengan seorang pemancing bernama Frank 'Monster Man' Mundus (yang mengaku bahwa ia adalah insipirasi untuk karakter gruff Kapten Quit). 

Plot novel ini sebagian besar terinsiprasi dari musim panas 1916, ketika hiu putih bersembungi di perairan di lepas pantai Jersey, dan menewaskan lima perenang.

Baca juga: Infografis Rangkaian Film di The Conjuring Universe

2. The Amityville Horror (1979-2015), The Conjuring (2013-2016), dan Anabelle (2014).


The Conjuring. (Foto: Wikimedia)

Pada 1952, Ed Warren menggambarkan dirinya sebagai demonologist, dan istrinya, Lorraine, sebuah 'trans media', mendirikan New England Society for Phychic Research.

20 tahun kemudian, Warrens menyelidiki sebuah rumah milik keluarga Lutz di Long Island, New York, di mana telah terjadi pembunuhan yang menewaskan enam orang. Kasus ini telah menjadi inspirasi The Amityville Horror.

Selain itu, Warrens juga menyelidiki peristiwa lainnya, yakni misteri yang melibatkan rumah keluarga Perron pada 1971 yang kemudian diangkat menjadi film The Conjuring. Serta film Anabelle dari kasus sebuah boneka berhantu yang ditangani Warrens pada 1970.

3.Texas Chainsaw Massacre (1974)


Texas Chainsaw Massacre. (Foto: Wikimedia)

Texas Chainsaw Massacre merupakan film pembantaian yang diangkat dari kisah nyata oleh pembunuh Ed Gein. Ia melakukan pembantaian pada 1954 hingga 1957. Dalam film ini, ia digambarkan sebagai sosok tokoh utama pembunuh berantai bernama Leatherface, yang menggunakan topeng dari kulit manusia.

Baca juga: Tak Melulu Negatif! Ini Manfaat Tersembunyi Menonton Televisi

Perbedaan utamanya, Gein menggunkan pistol untuk membunuh korbannya, bukan dengan gergaji. Namun, produser dalam film tersebut ingin membuat alur cerita menjadi lebih mendebarkan. 

4. The Girl Next Door (2007)


The Girl Next Door. (Foto: Wikimedia)

Film ini bercerita tentang dua gadis remaja yatim piatu. Keduanya lalu tinggal bersama bibi mereka, namun mendapat perlakuan yang mengerikan. Keduanya ditahan dan disiksa hingga berujung pada kematian.

Film tersebut diangkat dari kisah nyata kehidupan Sylvia Likens. Saat itu orang tuanya menitipkannya kepada seorang teman. Namun nahas, teman dari orang tuanya itu justru meneror keluarga Sylvia dan akhirnya membunuhnya.

5. The Hills Have Eyes (1977)


The Hills Have Eyes. (Foto: Wikimedia)

Film The Hills Have Eyes diangkat dari kisah nyata seorang pria dari Stoklandia bernama Swaney Bean. Bean memiliki total 14 anak (yang sebagian besar hasil dari inses).

Seluruh keluarganya tinggal di dalam sebuah gua dan mereka adalah kanibal yang telah menewaskan lebih dari 1.000 orang. Film tersebut mengisahkan tentang sebuah kelyarga yang terdampar di gurun pasir dan menjadi kanibals.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - NPW