Pantau Flash
Seluruh Kecamatan di Kota Medan Masuk Zona Merah COVID-19
PSBB Bodebek Kembali Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
Nihil Kasus Baru di 6 Provinsi, Positif COVID-19 di Indonesia 29.521 Kasus
PSBB di Kota Bekasi Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
PSBB Masa Transisi, Gojek: Driver Dapat Layani Penumpang 8 Juni

Ini Dia 5 Makanan Favorit tapi Mematikan di Berbagai Negara

Ini Dia 5 Makanan Favorit tapi Mematikan di Berbagai Negara Gurita hidup. (Foto: Wikimedia)

Pantau.com - Setiap negara memiliki tradisi dan budaya yang unik, hal ini juga berlaku pada makanan di masing-masing daerah. Sejumlah wilayah di dunia bahkan memiliki tradisi makan dengan bahan yang terbilang ekstrem.

Namun, tak semua makanan khas di setiap negara cocok dikonsumsi karena ternyata memiliki kandungan zat berbahaya yang bisa membunuh. Berikut 5 makanan yang sangat berbahaya jika salah dalam mengelolanya yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Bullfrog Afrika

Bullforg Africa. (Foto: Wikimedia)

Bullfrog dianggap sebagai makanan lezat di beberapa negara Afrika. Katak jenis ini mengandung racun yang berbahaya bagi manusia, terutama katak muda yang belum berkembang biak, mereka punya racun yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

Untuk itu hanya katak yang lebih tua yang dimakan, dan kemudian cara memasaknya juga berhati-hati dan dimasukkan kedalam pot kayu khusus untuk menetralisir racunnya.

Baca juga: 5 Bahan Alami Penghilang Jerawat, Nomor 4 Pasti Ada di Dapur Kamu!

2. Absinthe 

Ilustrasi minuman Absinthe. (Foto: Getty Images)

Adalah campuran dari larva serangga kayu atau woodworm, dan adas manis. Woodworm mengandung bahan kimia beracun bernama thujone, yang memiliki sifat psikoaktif dan mengakibatkan halusinogen adiktif. Minuman ini dituduh menjadi biang untuk gangguan sosial, bunuh diri, TBC dan bahkan epilepsi.

3. Gurita Hidup

Gurita hidup. (Foto: Wikimedia)

Di Korea, gurita dimakan dalam keadaan hidup dengan cara dipotong-potong lalu dibumbui. Meskipun makhluk itu sudah dibunuh, sistem syarafnya masih bekerja yang berarti penghisap gurita masih dalam kondisi aktif.

Cara ini bisa menyebabkan tentakel penghisap yang masih aktif menyangkut di tenggorokan dan mencekik orang yang mengkonsumsinya.

Baca juga: Bukan Super Food, Tapi Salada Romaine Punya Manfaat yang Tak Kalah Penting

4. Fugu (Ikan Buntal)

Ikan buntal. (Foto: The Guardian)

Ikan buntal adalah makanan lezat paling mematikan di dunia. Makanan ini disajikan dengan lezat di Jepang dan menjadi salah satu makanan laut yang di favoritkan.

Para koki di jepang harus belajar bertahun-tahun untuk tahu cara memotong ikan ini. Salah potong sedikit ikan ini akan mengeluarkan racun yang 1.200 kali lebih kuat dari sianida. Racun tersebut bisa membunuh setidaknya 30 orang, sehingga koki yang memasaknya harus benar-benar terlatih dan meiliki lisensi khusus untuk menyajikannya.

5. Hákarl

Harakl. (Foto: Wikimedia)

Hákarl adalah daging hiu yang difermentasi dengan cara mengubur di dalam cairan tubuhnya sendiri kemudian digantung sampai kering. Makanan yang merupakan barang mahal di Greenland ini berpotensi mengandung racun mematikan yang berasal dari cara pemrosesannya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: