Pantau Flash
BI: Aliran Modal Asing Selama Wabah COVID-19 Capai Rp167,9 Triliun
Kemenag RI Pastikan Arab Saudi Tak Batalkan Haji 2020
COVID-19 Indonesia 1 April: 1.677 Positif, 103 Sembuh, dan 157 Meninggal
Kapolri Segera Terbitkan TR SOP Penanganan Penyebaran COVID-19
Tottenham Potong Gaji Karyawaran Sebesar 20 Persen

Ini Fakta Gen Alpha, Anak Generasi Milenials Turunan Gen Y dan Z

Ini Fakta Gen Alpha, Anak Generasi Milenials Turunan Gen Y dan Z Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Setelah generasi milenial juga gen Z, kini juga telah lahir anak-anak yang masuk pada kategori gen Alpha. Mereka disebut-sebut sebagai anak dari generasi Y atau generasi milenial juga adik dari Generasi Z.

Sebab rata-rata generasi milenial saat ini sudah menjadi orang tua sementara Generasi Z masuk pada fase dewasa muda.

Melansir Metro, lembaga penelitian sosial di Australia McCrindle menyebutkan kelahiran generasi Alpha sudah mencapai 2,5 juta per minggu. Seperti apa ciri-ciri gen Alpha?

Baca juga: Cek! Ini 3 Asuransi Yang Wajib Dimiliki Generasi Masa Kini

Anak-anak yang masuk kategori gen Alpha merupakan yang kelahiran tahun 2010 ke atas dengan usia tertua di tahun 2019 ialah 9 tahun. 

Selain itu, gen Alpha merupakan generasi yang begitu erat denga teknologi dalam kesehariannya. Mereka dengan mudah terhubung teknologi dan memanfaatkannya sebagai sarana untuk mendapatkan informasi maupun melakukan komunikasi secara instan.

CEO Beano Studios Emma Scott mengatakan meski mereka merupakan generasi pertama yang lahir di dunia serba digital, gen Alpha tidak kecanduan pada teknologi.

Hasil tersebut berdasarkan penelitian oleh Beano Studios terhadap 2.000 anak generasi Alpha di Inggris termasuk orang tuanya. Disebutkan bahwa generasi ini memiliki keseimbangan antara menggunakan teknologi dengan aktivitas fisik maupun sosial.

Baca juga: Infografis 5 Ciri Kerja Para Milenial yang Harus Diperhatikan Perusahaan

Sekitar 48 persen generasi Alpha cukup sering menghabiskan waktu tanpa perangkat teknologi. Mereka menikmati beragam aktivitas fisik seperti bermain di luar ruangan serta membuat kerajinan tangan.

Secara pemikiran, generasi Alpha juga dinilai memiliki pandangan yang lebih terbuka dan maju dari generasi sebelumnya. Ini membuat mereka lebih mampu menerima perbedaan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: