Pantau Flash
Pengamat: Kondisi Perbankan Masih Bagus di Tengah Wabah COVID-19
Hak Asimilasi Napi yang Berulah Usai Dibebaskan Bakal Dicabut
Italia Berencana Perpanjang Lockdown hingga 3 Mei
FIFPro Ingatkan Ancaman Kesehatan Mental Pesepak Bola
3 BUMN Patungan Sediakan 80 Ribu APD untuk Rumah Sakit

Ini Fakta Menarik Seputar Golongan Darah yang Harus Anda Ketahui

Ini Fakta Menarik Seputar Golongan Darah yang Harus Anda Ketahui Ilustrasi golongan darah. (Shutterstock)

Pantau.com - Seperti kita ketahui darah adalah bentuk cair kehidupan yang memungkinkan organisme bertahan hidup. Ada 4 golongan darah utama dan ada beberapa fakta mengejutkan yang harus Anda ketahui tentang mereka! 

Sebagian besar dari kita mungkin sudah tahu bahwa terdapat 4 golongan darah utama yakni A, B, AB dan O, terkait dengan positif (+) atau negatif (-), tergantung pada apakah antibodi dan antigen tertentu ada atau tidak ada di dalamnya.

Jadi, golongan darah manusia adalah, A+, A-, AB+, AB-, O+, O-, B+, B-. O+ adalah salah satu jenis darah yang paling umum dan AB- adalah salah satu yang paling langka.

Walaupun banyak dari kita mungkin merasa bahwa semua golongan darah adalah sama, khususnya ketika menyangkut kesehatan kita, itu mungkin tidak sepenuhnya benar. 

Dilansir Boldsky, sebuah penelitian baru-baru ini mengklaim bahwa orang dengan golongan darah yang berbeda harus mengikuti kebiasaan gaya hidup yang sedikit berbeda. Jadi, lihatlah beberapa fakta yang tidak biasa tentang berbagai golongan darah ini.

Baca juga: Ilmuwan Ungkap, Nyamuk Lebih Pilih Korban Bergolongan Darah O

1. Nutrisi

Ilustrasi nutrisi. (Pixabay)

Ketika berbicara tentang golongan darah dan nutrisi, penting untuk mengetahui bahwa ada jenis makanan tertentu yang baik untuk golongan darah tertentu. Misalnya, orang dengan golongan darah A harus mengkonsumsi lebih banyak daging merah.

Orang dengan golongan darah O harus makan lebih banyak makanan kaya protein, jika Anda memiliki golongan darah AB yang mengkonsumsi lebih banyak makanan laut dan daging tanpa lemak dapat menjadi sehat, dan individu dengan golongan darah B harus juga lebih banyak mengonsumsi daging tanpa lemak.

Baca juga: Infografis 5 Keistimewaan Pemilik Golongan Darah O

2. Kehamilan

Ilustrasi kehamilan. (Shutterstock)

Golongan darah banyak berkaitan dengan seberapa sehat kehamilan Anda nantinya, jika Anda seorang wanita. Sebagai contoh, banyak survei telah mencatat bahwa wanita dengan golongan darah AB memiliki produksi hormon perangsang folikel tertentu yang lebih rendah, yang dapat membuat mereka lebih mudah hamil, dibandingkan dengan wanita dari golongan darah lainnya.

3. Masalah Berat Badan

Ilustrasi berat badan. (Shutterstock)

Diyakini bahwa orang-orang dengan golongan darah yang berbeda memiliki tantangan yang berbeda dalam hal masalah berat badan, baik itu penurunan berat badan atau penambahan berat badan.

Studi penelitian tentang masalah kenaikan berat badan telah menunjukkan bahwa orang dengan golongan darah O lebih cenderung mengembangkan lemak perut, dibandingkan dengan golongan darah lainnya dan orang dengan golongan darah A memiliki peluang lebih tinggi untuk mengembangkan lemak perut.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: